Beijing (ANTARA) - Sebuah pesawat luar angkasa China yang tidak berawak berhasil mendarat di permukaan Mars pada Sabtu, kantor berita negara Xinhua melaporkan, menjadikan China negara penjelajah luar angkasa kedua setelah Amerika Serikat yang mendarat di Planet Merah.

Pesawat ruang angkasa Tianwen-1 mendarat di sebuah situs di dataran luas yang dikenal sebagai Utopia Planitia, "meninggalkan jejak China di Mars untuk pertama kalinya," kata Xinhua.

Pesawat meninggalkan orbitnya sekitar pukul 17.00 GMT, Jumat (pukul 01.00 waktu Beijing, Sabtu). Modul pendaratan dipisahkan dari pengorbit tiga jam kemudian dan memasuki atmosfer Mars, kata pejabat China Space News.

Dikatakan proses pendaratan terdiri dari "sembilan menit teror" saat modul melambat dan kemudian perlahan turun.

Sebuah penjelajah bertenaga surya, bernama Zhurong, sekarang akan mensurvei lokasi pendaratan sebelum berangkat dari platformnya untuk melakukan inspeksi. Dinamai serupa dewa api mistis Tiongkok, Zhurong memiliki enam instrumen ilmiah termasuk kamera topografi resolusi tinggi.

Penjelajah itu akan mempelajari permukaan tanah dan atmosfer planet. Zhurong juga akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno, termasuk air dan es di bawah permukaan, menggunakan radar penembus tanah.

Tianwen-1, atau "Pertanyaan ke Surga", diambil dari sebuah puisi China yang ditulis dua milenium lalu, adalah misi independen pertama China ke Mars. Sebuah wahana yang diluncurkan bersama dengan Rusia pada 2011 gagal meninggalkan orbit Bumi.

Pesawat luar angkasa seberat lima ton itu diluncurkan dari pulau Hainan di China selatan pada Juli tahun lalu, diluncurkan oleh roket Long March 5 yang kuat.

Setelah lebih dari enam bulan transit, Tianwen-1 mencapai Planet Merah pada Februari di mana ia berada di orbitnya sejak saat itu.

Jika Zhurong berhasil dikerahkan, China akan menjadi negara pertama yang mengorbit, mendarat, dan melepaskan penjelajah dalam misi perdananya ke Mars.

Tianwen-1 adalah salah satu dari tiga yang mencapai Mars pada Februari, dengan penjelajah AS, Perseverance, berhasil mendarat pada 18 Februari dalam depresi besar yang disebut Kawah Jezero, lebih dari 2.000 km dari Utopia Planitia.

Hope - pesawat ruang angkasa ketiga yang tiba di Mars pada Februari tahun ini - tidak dirancang untuk melakukan pendaratan. Diluncurkan oleh Uni Emirat Arab, saat ini mengorbit di atas Mars mengumpulkan data tentang cuaca dan atmosfernya.

Pendaratan pertama yang berhasil dilakukan oleh NASA Viking 1 pada Juli 1976 dan kemudian oleh Viking 2 pada September tahun itu. Sebuah penyelidikan Mars yang diluncurkan oleh bekas Uni Soviet mendarat pada Desember 1971, tetapi komunikasi terputus beberapa detik setelah pendaratan.

China sedang mengejar program luar angkasa yang ambisius. Ini sedang menguji pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali dan juga berencana untuk membangun stasiun penelitian bulan berawak.

Dalam sebuah komentar yang diterbitkan pada Sabtu, Xinhua mengatakan China "tidak ingin bersaing untuk kepemimpinan di luar angkasa" tetapi berkomitmen untuk "mengungkap rahasia alam semesta dan berkontribusi pada penggunaan ruang damai umat manusia."

Sumber: Reuters
Baca juga: China cetak sejarah berhasil kirimkan kapal luar angkasa ke Mars
Baca juga: Chang'e-5 mendarat di bulan, mulai kumpulkan 2 kilogram sampel
Baca juga: Pesawat ruang angkasa China berhasil kembali ke bumi

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021