Medan (ANTARA) - Ratusan rumah warga di Kampung Aur Lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kota Medan, Sumatera Utara sudah kelihatan bersih dari genangan banjir akibat meluapnya Sungai Deli Medan di daerah tersebut.

Berdasarkan pemantauan di Medan, Jumat, rumah warga yang sebelumnya tergenang banjir, saat ini sudah kering dan bisa menerima tamu untuk merayakan Hari Lebaran.

Bahkan, para tamu yang berkunjung ke Kampung Aur merasa senang karena dapat berlebaran dengan kerabat maupun famili.

Selain itu, halaman rumah warga sudah kering dan tidak becek akibat Sungai Deli yang meluap membawa berbagai material, berupa lumpur, sampah, dan benda-benda lainnya.

Baca juga: Air Sungai Deli Medan meluap hingga dua meter

Warga Kampung Aur pada Lebaran kedua ini, terlihat sudah merasa tenang dan tidak takut lagi terjadinya banjir tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu meninjau warga terdampak banjir kiriman dan meluapnya Sungai Deli di Kelurahan Aur bertepatan dengan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

"Kami ingin memastikan kondisi warga yang terdampak banjir tadi pagi. Selain bersilaturahim, karena bertepatan dengan 1 Syawal," katanya di lokasi banjir Kelurahan Aur Medan, Kamis (13/5).

Pihaknya mendapat informasi aliran Sungai Deli di Kelurahan Aur mulai meluap sekitar pukul 03.00 WIB dan baru surut tiga jam kemudian atau tepatnya pukul 06.00 WIB.

Ia mengatakan, begitu dirinya tiba di lokasi terdampak banjir langsung meninjau kondisi Sungai Deli, karena baru selesai meluap yang menggenangi rumah warga.

Selain melakukan peninjauan, ia menyerahkan bantuan dari Pemkot Medan berupa makanan untuk warga terdampak banjir di lokasi tersebut.

Baca juga: Tak meluap lagi, Sungai Deli penyebab banjir Kampung Aur sudah normal
Baca juga: Wali Kota Medan tinjau warga terdampak banjir saat Idul Fitri

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021