Dari jumlah tersebut, Stasiun Bogor menjadi tempat teramai yang dilalui pengguna jasa KRL Jabodetabek
Bogor (ANTARA) - Stasiun Bogor menjadi stasiun teramai dan tersibuk bagi pengguna jasa Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line pada hari libur Lebaran 2021 dibanding dengan dengan stasiun lainnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

VP Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia (KAI) Anne Purba, melalui pernyataan tertulisnya, Jumat, mengatakan, pada hari libur Lebaran pertama, Kamis (13/5), tercatat 226.767 pergerakan pengguna KRL Commuter Line di Jabodetabek.

"Dari jumlah tersebut, Stasiun Bogor menjadi tempat teramai yang dilalui pengguna jasa KRL Jabodetabek," katanya.

Baca juga: Menhub: PT KCI tidak profesional atur penumpang

Anne Purba menyebutkan dari 226.767 orang pengguna KRL pada Kamis (13/5), tercatat sebanyak 15.029 orang yang tap-in dan tap-out di Stasiun Bogor, sedangkan di Stasiun Manggarai 7.544 orang dan di Stasiun Tanah Abang 4.201 orang.

Menurut Anne, KAI Commuter terus melakukan antisipasi layanan KRL Jabodetabek pada masa libur Lebaran 2021 ini. Antisipasi lebih lanjut juga dilakukan sesuai hasil dari kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) ke Stasiun Manggarai pada Jumat hari ini.

Sebelumnya pada libur Lebaran, mulai 6 Mei 2021, KAI Commuter beroperasi terbatas dengan jam operasional mulai pukul 04:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB setiap hari, dengan menjalankan 886 perjalanan KRL.

Baca juga: KCI antisipasi kepadatan pengguna saat libur Lebaran

Menurut Anne, untuk mengantisipasi kepadatan pengguna jasa KRL, KAI Commuter mulai Jumat siang hari ini mengoperasikan enam jadwal perjalanan kereta tambahan.

Terhadap pengguna jasa KRL Commuter, kata dia, petugas akan tegas mengatur penggunaan masker sesuai aturan dan mengupayakan jaga jarak di antara para pengguna.

Penambahan petugas untuk menertibkan protokol kesehatan juga akan dilakukan di sejumlah stasiun yang berpotensi terjadi kepadatan, antara lain di Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi.

Pada hari kedua Lebaran, Jumat, terlihat ada peningkatan jumlah pengguna jasa KRL, dan umumnya adalah para pengguna musiman. Hingga pukul 10:00 WIB tercatat ada sebanyak 70.906 orang pengguna jasa KRL.

Baca juga: KRL Jabodetabek pada 6-17 Mei 2021 beroperasi pukul 04.00-20.00 WIB


 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021