Hari kedua Lebaran, objek wisata di HSS tutup

Hari kedua Lebaran, objek wisata di HSS tutup

. (ANTARA/Ist)

Banjarmasin (ANTARA) - Hari kedua Lebaran Idul Fitri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), semua obyek wisata termasuk di Loksado terpantau tutup, sejalan dengan adanya surat edaran bersama tentang penutupan sementara dalam upaya pencegahan penularan COVID-19.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS Moh Zakir Maulidi di Kandangan, Jumat, mengatakan pelaksanaan penutupan ini dikoordinasikan dengan pihak kecamatan, dan pihaknya dari Disporapar HSS melakukan pengawasan.

"Sampai saat ini memang tidak ada objek wisata yang terpantau buka, penutupan ini juga lebih kepada pembinaan dan untuk kepentingan yang lebih besar dalam menghindari kerumunan," katanya.

Baca juga: Kawasan wisata Pantai Padang ditutup 14-16 Mei 2021
Baca juga: Round Up - Pengetatan saat lebaran demi batasi mobilitas penduduk
Baca juga: Ditpolairud Polda Jabar kerahkan personel amankan wisata perairan


Dijelaskan dia, apa yang dilakukan pihaknya tentunya mengutamakan pendekatan secara persuasif dan komunikatif dengan para pengelola obyek wisata dengan mengedepankan rasa empati, karena disadari kondisi sulit di masa pandemi yang sama-sama dihadapi.

Pihaknya bersyukur, kepatuhan dan kesadaran para pengelola dalam menjalankan edaran tersebut. Ia mengatakan, meski ada pengelola wisata yang menyampaikan pesannya secara pribadi melalui pesan singkat, dan mempertanyakan kebijakan penutupan tersebut namun kemudian bisa memakluminya.

Diharapkan para pengelola bisa menerima surat edaran bersama tersebut.

"Makanya dalam edaran tersebut kita melibatkan peran pihak kecamatan karena mereka yang punya kewenangan dalam pembinaan objek-objek wisata di masing-masing titik di kecamatan, termasuk penutupan, sehingga tidak terjadi penumpukan orang," katanya.

Ditambahkan dia, dalam kondisi pandemi ini tidak bisa hanya berprasangka aman saja terhadap penularan COVID-19, namun kewaspadaan terus dilakukan, seperti di akhir tahun lalu juga dilakukan penutupan obyek wisata di daerah Negara, setelah terjadi penumpukan dan keramaian oleh pihak kecamatan.
Pewarta : Gunawan Wibisono/Fathurrahman
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021