Pemkab Bintan tak melarang pelaksanaan Shalat Idul Fitri di masjid maupun lapangan terbuka
Bintan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Kepulauan Riau, menyiapkan 223 titik pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah, meliputi masjid, surau dan lapangan terbuka.

"Pemkab Bintan tak melarang pelaksanaan Shalat Idul Fitri di masjid maupun lapangan terbuka," kata Bupati Bintan Apri Sujadi di Bintan, Rabu. 

Apri merinci 232 titik tersebut adalah Kecamatan Bintan Timur ada 32 titik, Kecamatan SKL 20 titik, Kecamatan Tambelan 6 titik, Kecamatan Gunung Kijang 27 titik, Kecamatan Teluk Sebong 31 titik, Kecamatan Bintan Pesisir 24 titik, Kecamatan Toapaya 22 titik, Kecamatan Teluk Bintan 29 titik, Kecamatan Bintan Utara 18 titik serta Kecamatan Mantang 14 titik.

Baca juga: Satgas: Bintan susul Batam dan Tanjungpinang sebagai zona oranye

Dia mengimbau masyarakat yang akan menunaikan Shalat Idul Fitri baik di masjid maupun surau agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, membawa perlengkapan ibadah sendiri dari rumah.

Kepada pengurus masjid maupun surau, diimbau agar menyiapkan petugas untuk mengawasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam upaya mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

“Bagi jamaah kita imbau untuk tetap menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri. Untuk takbiran hendaknya dapat dilakukan di masjid atau surau di daerah masing-masing, karena pawai takbir keliling kita tiadakan,” ujarnya.

Baca juga: Menparekraf: Pariwisata Batam dan Bintan siap dibuka

Sementara itu, Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Bintan Indra Gunawan menuturkan bahwa dalam melaksanakan ibadah tersebut, baik pengurus dan jamaah wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, di antaranya menyediakan alat pemindai suhu tubuh, handsanitizer, menggunakan masker, membawa sejadah masing-masing, serta tidak berjabat tangan dan menjaga jarak.

“Untuk di masjid-masjid yang terletak di pinggir jalan, kita minta untuk lebih ketat protokol kesehatannya,” katanya.

Baca juga: Bintan mulai vaksinasi pekerja wisata jelang pintu masuk wisman dibuka

 

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021