PMI DIY siagakan personelnya 24 jam selama Lebaran 2021

PMI DIY siagakan personelnya 24 jam selama Lebaran 2021

Petugas PMI Kabupaten Banyumas melakukan pendampingan dan konseling kepada pemudik yang menjalani karantina di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (11/5/2021). Selain pemantauan kesehatan fisik, pendampingan dan konseling dilakukan terhadap seluruh pemudik yang menjalani karantina di Kabupaten Banyumas, untuk memantau dan memastikan kondisi psikologis mereka tetap terjaga. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/wsj.

Yogyakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiagakan personelnya selama 24 jam untuk memberikan pelayanan pertolongan pertama kepada masyarakat selama momentum Lebaran 2021.

"Kami siagakan personel yang memiliki pengetahuan serta keterampilan pertolongan pertama. Mereka akan bertugas 24 jam dalam dua sampai tiga shift per hari di tujuh Pos PMI di Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo di Yogyakarta, Rabu.

Prabu mengatakan selama Lebaran, PMI DIY mengerahkan 394 personel termasuk dokter dan paramedis serta 22 ambulans dengan mendirikan tujuh Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan menyiapkan layanan ambulans selama 24 jam.

"Lebaran tahun ini berbeda karena masih terdampak corona. Pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran tentang ketentuan mudik Lebaran tahun 2021, Pos PMI difokuskan di Markas PMI se-DIY, namun juga ada yang keliling ke tempat-tempat wisata maupun titik-titik keramaian," kata Prabu.

Wakil Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI DIY Endang Pudjiastuti menjelaskan masyarakat bisa mengakses Pos PMI di Markas PMI Kabupaten/Kota di DIY.

Pos Markas PMI Kota Yogyakarta akan beroperasi di Markas PMI Kota Yogyakarta, Jalan Tegalgendu 25 Kotagede pada tanggal 10 Mei sampai dengan 15 Mei 2021 dengan tiga ambulans.

Baca juga: Menjelang tiba Lebaran, stok darah PMI Yogyakarta menipis

Baca juga: PMI Yogyakarta terima 25 permintaan plasma konvalesen tiap hari


Sementara, PMI Kabupaten Bantul membuka layanan pertolongan pertama juga ambulans keliling di titik-titik keramaian Wilayah Bantul mulai tanggal 12 sampai dengan 15 Mei 2021 dengan 3 ambulans.

Sedangkan PMI Kabupaten Sleman akan siaga di Pos Markas PMI Kabupaten Sleman Jalan Radjimin Sucen Triharjo Sleman dengan lima ambulans pada 8 Mei sampai dengan 17 Mei 2021.

PMI Kabupaten Kulon Progo akan siaga di Markas PMI Kabupaten Kulon Progo Jalan Bhayangkara Serut Pengasih Kulon Progo dengan tiga ambulans emergency dan satu ambulans jenazah pada tanggal 10 sampai 15 Mei 2021.

Menurut dia, PMI akan bekerja sama dengan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan membantu pertolongan pertama pada kasus kecelakaan, penyekatan serta promosi kesehatan di wilayah Kulon Progo.

Selain Pos di Markas, PMI Kabupaten Gunungkidul juga akan mendirikan Pos Bersama di Gading Playen serta berkeliling kawasan pantai mengantisipasi wisatawan dengan menyiagakan lima ambulans.

"Untuk PMI DIY, kami siagakan personel dari relawan juga dokter dan paramedis dari Klinik Pratama PMI DIY," kata Endang.

Baca juga: PMI Yogyakarta kekurangan stok darah

Baca juga: PMI DIY siagakan enam posko antisipasi dampak cuaca ekstrem

 

Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021