Ini tempat wisata yang buka pada periode Idul Fitri

Ini tempat wisata yang buka pada periode Idul Fitri

Pengunjung berfoto di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/3/2021). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta (ANTARA) - Mudik di rumah saja? Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di ibu kota dan sekitarnya yang bisa didatangi bersama keluarga untuk merayakan libur lebaran. Bila memang ingin bepergian, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan demi kesehatan dan keamanan Anda dan orang lain. Simak daftarnya di bawah ini:

Taman Impian Jaya Ancol
Reservasi dan pembelian tiket dilakukan secara daring lewat ancol.com. Pengelola batasi kuota hanya 30 persen per hari. Calon pengunjung yang tidak kedapatan tiket bisa membeli untuk hari lain. Semua orang juga wajib mengecek kesehatan tubuh dan melaporkannya di sistem tiket daring serta mematuhi protokol kesehatan. Nantinya akan ada petugas yang mengecek suhu tubuh setiap pengunjung di pintu gerbang. Jangan lupa siapkan alat pembayaran nirtunai karena tersedia mesin EDC untuk kartu debit di toko serta restoran di Ancol. Bawalah sendiri alat makan, minum dan ibadah dari rumah.
 

Taman Impian Jaya Ancol tetap dibuka saat hari Idul Fitri yang jatuh pada 13 Mei 2021. Pintu gerbang dan kawasan taman serta pantai dibuka pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Tiga spot bersantai untuk ngabuburit di Ancol

Baca juga: Dufan kembali hadirkan Magic House temani ngabuburit


Taman Margasatwa Ragunan

Anda juga bisa berlibur dengan melihat berbagai satwa di dalam kebun binatang Ragunan mulai H+1 Lebaran atau 14 Mei 2021. Tempat ini juga menerapkan kapasitas maksimal 30 persen agar tidak ada kerumunan. Setelah kapasitas terpenuhi, kebun binatang ini akan ditutup. Hingga 30 Mei 2021, hanya pengunjung dengan KTP DKI Jakarta yang bisa datang. Pendaftaran dilakukan secara daring H-1 di situs Ragunan.
 

Setelah mendaftar secara daring, tunjukkan bukti kepada petugas di loket yang akan melakukan verifikasi data. Hanya mereka yang suhu tubuhnya tidak lebih dari 37,5 derajat celcius yang boleh masuk. Taman Margasatwa Ragunan dibuka pada Selasa hingga Minggu pukul 07.00-14.00 WIB.

Taman Mini Indonesia Indah
 

Kerinduan terhadap kampung halaman bisa terobati dengan berkunjung ke anjungan-anjungan 33 provinsi yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata ini tetap dibuka pada hari Lebaran yang jatuh pada 13 Mei 2021. Protokol kesehatan harus dilakukan oleh setiap orang. Untuk mencegah kerumunan, TMII juga membatasi pengunjung maksimal 30 persen.

Baca juga: TMII kembali dibuka, satu tiket untuk dua orang

Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium juga bisa jadi pilihan untuk berlibur setelah merayakan Idul Fitri. Pada hari pertama Lebaran, akuarium ini dibuka pukul 12.00 WIB hingga 21.00 WIB. Tiket untuk berkunjung di sini bisa didapat lewat situs resmi, biro wisata daring atau secara langsung di tempat.

Semua pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan. Tempat ini menawarkan ribuan spesies satwa akuatik dan non-akuatik, juga pertunjukan seperti puteri duyung dan 5D Sea Explorer.

Taman Safari Indonesia Cisarua
 

Taman Safari Indonesia Bogor tetap bisa dikunjungi selama periode Idul Fitri. Ada juga paket "Safari Lebaran Staycation" mulai 13-22 Mei 2021, paket menginap dengan sarapan, makan malam, tiket masuk Taman Safari, memberi makan satwa juga fasilitas pendukung seperti sepeda atau sepeda air. Taman Safari juga menyiapkan aktivitas lomba mewarnai untuk anak-anak pada periode 13-16 Mei 2021 di area Istana Panda Indonesia.

Protokol kesehatan bagi pengunjung tetap jadi prioritas utama, pengunjung wajib memakai masker, melewati pemeriksaan suhu, menjaga jarak. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dan ada penyemprotan desinfektan agar selalu higienis.

Baca juga: TSI Cisarua terapkan prokes ketat kepada pengunjung saat libur Lebaran

Baca juga: Meski pandemi, lomba foto satwa internasional digelar lagi TSI-KLHK
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021