Diimbangi Levante, Barcelona kembali buang kesempatan ke puncak

Diimbangi Levante, Barcelona kembali buang kesempatan ke puncak

Penyerang sayap Barcelona Ousmane Dembele (tengah) berusaha melepaskan diri dari kawalan penyerang Levante Jose Luis Morales dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Kota Valencia, Valencia, Spanyol, Selasa (11/5/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/PABLO MORANO.

Jakarta (ANTARA) - Barcelona kembali membuang kesempatan untuk memuncaki klasemen Liga Spanyol diimbangi Levante 3-3 dalam laga pekan ke-36 di Stadion Kota Valencia, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Tambahan satu poin hanya cukup membuat Barcelona naik ke posisi kedua dengan koleksi 76 poin, menggusur Real Madrid (75), tetapi masih tertinggal satu poin dari Atletico Madrid (77) yang duduk di puncak dan baru main sehari berselang.

Sedangkan bagi Levante (40), hasil ini cukup untuk menghindarkan mereka dari ancaman degradasi dan naik ke urutan ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Ronald Koeman yakin Barcelona masih bisa juarai Liga Spanyol

Sejak sepak mula Barcelona langsung tancap gas dan nyaris memimpin saat laga baru berusia lima menit, sayang tembakan sentuhan pertama Pedri masih bisa ditepis kiper Aitor Fernandez.

Dominasi Los Cules akhirnya membuahkan hasil ketika umpan silang Jordi Alba yang membentur kepala Jorge Miramon membuat bola jatuh di hadapan Lionel Messi yang segera menyambarnya dengan sepakan voli untuk membawa tim tamu memimpin pada menit ke-25.

Keunggulan itu bisa digandakan sembilan menit kemudian ketika umpan tarik Ousmane Dembele diselesaikan dengan sempurna oleh Pedri dan skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Tuan rumah tampil lebih agresif di paruh kedua dan pada menit ke-57 kerja keras mereka berakhir dengan gol tandukan Gonzalo Melero untuk memperkecil ketertinggalan 1-2.

Selang dua menit kemudian, Levante sukses memanfaatkan blunder lini belakang Barca yang diakhiri gol Jose Luis Morales demi membuat kedudukan imbang 2-2.

Baca juga: Real Betis masuk zona Liga Europa setelah taklukkan Granada

Blaugrana merespon dengan baik dua gol tersebut, untuk memimpin lagi pada menit ke-64 lewat tembakan keras Dembele yang cukup untuk menaklukkan Aitor dari sisi kanan kotak penalti tuan rumah.

Namun, tujuh menit jelang bubaran normal Sergio Leon menyambar umpan Tono demi membuyarkan kemenangan Barca yang sudah di depan mata.

Barca berusaha mencari gol kemenangan di sisa waktu yang ada, tetapi tiga bangunan serangan mereka tak pernah betul-betul mengancam Levante yang agaknya cukup puas untuk menjegal ambisi Messi dkk ke puncak klasemen.

Baca juga: Ditahan imbang Sevilla, Real Madrid gagal puncaki klasemen
Baca juga: Valencia aman di La Liga, Eibar menang tapi tetap juru kunci
Baca juga: Atletico Madrid dan Barcelona berbagi satu poin
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021