Jangan pergi jauh, sekadar untuk melaksanakan shalat Id supaya lokasi-lokasi kegiatan shalat adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat Idul Fitri atau shalat Id di rumah masing-masing.

Pernyataan itu disampaikan usai berkoordinasi dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Baca juga: Pakar sarankan Shalat Id langsung di bawah sinar matahari

"Terkait dengan kegiatan Idul Fitri, shalat Idul Fitri dianjurkan di rumah masing-masing," ujar Anies di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Apabila melaksanakan Shalat Id di luar rumah, Anies  mengimbau agar shalat dilakukan di tempat ibadah terdekat sesuai tempat tinggal.

"Bagi warga yang melaksanakan shalat di luar rumah, maka dianjurkan untuk melaksanakannya di tempat shalat Id setempat," kata Anies.

Baca juga: Gubernur DKI anjurkan Shalat Id di tempat terbuka

"Jangan pergi jauh, sekadar untuk melaksanakan shalat Id supaya lokasi-lokasi kegiatan shalat adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat," ujar Anies pula.

Lebih lanjut, untuk menghindari adanya penularan virus corona saat melangsungkan ibadah, Anies menyebutkan kapasitas masjid, lapangan, maupun mushala dibatasi hingga maksimal 50 persen.

Baca juga: Polda Metro sarankan masyarakat Shalat Id di rumah

"Bila dilakukan di masjid setempat, maka kapasitasnya 50 persen," ujar Anies.

Pewarta: Abdu Faisal dan Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021