Terjadi jelang Lebaran, korban kebakaran di Makassar dapat bantuan

Terjadi jelang Lebaran, korban kebakaran di Makassar dapat bantuan

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (tengah) meninjau sekaligus memberikan bantuan korban kebakaran di Tinumbu di Makassar, Ahad,(9/5/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel.

Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi sekaligus membawakan bantuan ke lokasi kebakaran puluhan rumah warga di Jalan Tinumbu, Lorong 149, Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Ahad.

Kebakaran di permukiman padat penduduk itu terjadi pada Minggu dini hari sekitar pukul 00.05 WITA itu menghanguskan sedikitnya 30 rumah warga.

Gubernur Sulsel menyampaikan duka kepada masyarakat yang menjadi korban rumahnya terbakar, apalagi terjadi beberapa hari menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kami menyampaikan duka mendalam atas kejadian kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah warga," katanya.

Andi Sudirman berkesempatan menyisir lokasi yang tampak tersisa puing-puing kebakaran itu, sambil berbincang-bincang sekaligus memberikan semangat untuk tetap tabah atas musibah yang menimpanya.

"Sabar bapak ibu, Insya Allah ada hikmahnya," katanya kepada warga.

Ia menyarankan pentingnya menghadirkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) portable di setiap lorong ataupun di kelurahan, khususnya di kawasan padat penduduk.

"Harusnya ada APAR kecil dan besar. Apalagi di lokasi rawan penduduk. Dan perlu ada masyarakat yang dilatih untuk menggunakannya," ujarnya.

"Semoga ini ke depan dapat menjadi perhatian bukan hanya di Kota Makassar juga di Kabupaten/Kota lainnya," tambahnya.

Meski APAR ukuran kecil, kata dia, namun bisa digunakan untuk alat pertolongan pertama untuk memadamkan api.

Gubernur pun menyerahkan bantuan Pemprov Sulsel melalui Dinas Sosial dan BPBD berupa makanan siap saji, serta bantuan logistik lainnya.

Camat Bontoala, Syamsul Bahri melaporkan kepada Plt Gubernur Sulsel sebanyak 30 rumah dengan 41 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban kebakaran itu. Diduga kebakaran dipicu akibat korsleting listrik.

"Terima kasih banyak bapak Plt Gubernur atas bantuan dan perhatiannya kepada warga kami yang datang pagi-pagi ke sini," katanya.

Turut hadir mendampingi Plt Gubernur di antaranya Plt Kepala Dinas Sosial Sulsel Muhammad Hasan Basri Ambarala, KepalaBPBD Sulsel Nimal Lahamang, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Sulsel Iqbal Suhaeb.

Baca juga: Kebakaran hanguskan 28 rumah di Makassar

Baca juga: Jelang Ramadhan Damkar-BPBD Makassar sterilisasi 1.700 masjid

Baca juga: Kebakaran pasar-permukiman di Makassar, 111 rumah terbakar, 1 korban
Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021