Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan (3-8 Mei 2021), berbagai peristiwa politik telah diberitakan Kantor Berita Antara mulai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE) pelarangan "open house" hingga sanksi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nekat mudik.

Berikut rangkuman berita politik selama sepekan yang layak disimak pagi ini.

1. Mendagri terbitkan SE larangan "Open House" Lebaran

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Ramadhan dan Pelarangan Open House Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Selengkapnya di sini

2. ASN nekat mudik bisa kena sanksi teguran sampai pemecatan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengingatkan agar ASN tidak nekat mudik karena sanksi yang diberikan bisa teguran hingga pemecatan dengan tidak hormat

Selengkapnya di sini

3. TNI AD bantah kerahkan tank lakukan penyekatan larangan mudik

Markas Besar TNI Angkatan Darat membantah mengerahkan kendaraan lapis baja atau tank untuk melakukan penyekatan larangan mudik di perbatasan Bekasi-Bogor, Jawa Barat, seperti viral di media sosial.

Selengkapnya di sini

4. Kesekjenan KPK diminta transparan terkait tes wawasan kebangsaan

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani meminta Kesekjenan KPK harus transparan dan menjelaskan kepada publik terkait proses Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan lembaga tersebut sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selengkapnya di sini

5. Survei Indometer: Ganjar, Prabowo, dan Kamil capres unggulan

Survei Indometer menunjukkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil merupakan calon presiden unggulan.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021