Atletico Madrid dan Barcelona berbagi satu poin

Atletico Madrid dan Barcelona berbagi satu poin

Ekspresi Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez setelah Barcelona bermain imbang lawan Atletico Madrid dalam pertandingan Liga Spanyol pekan ke-35 di Camp Nou, Barcelona, Spanyol pada 8 Mei. ANTARA/REUTERS/ALBERT GEA.

Jakarta (ANTARA) - Laga krusial antara Barcelona kontra Atletico Madrid berakhir antiklimaks setelah kedua tim membuang sejumlah peluang dan harus puas dengan skor imbang 0-0, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Pertandingan yang berlangsung di Camp Nou pada Sabtu (8/5) malam WIB itu berpotensi menentukan juara musim ini.

Atletico datang ke Barcelona dalam posisi memimpin klasemen dengan 76 poin, dua poin di depan tim tuan rumah dan tiga poin atas Real Madrid.

Barcelona langsung mencoba menguasai pertandingan saat pertandingan dimulai. Namun, Atletico yang lebih dulu mengancam lewat aksi individu Thomas Lemar sebelum bola sepakannya masih mudah dihentikan Marc-Andre ter Stegen.

Atletico mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Barcelona pada menit ke-10, usai Luis Suarez dijatuhkan Gerard Pique.

Pemain Uruguay tersebut kemudian maju sebagai eksekutor, tetapi tendangannya masih mengarah ke pelukan Ter Stegen.

Baca juga: Ter Stegen akan sambut Erling Haaland bila bergabung ke Barcelona

Atletico harus melakukan pergantian pemain di menit ke-13 setelah Lemar mengalami cedera pergelangan kaki. Ia digantikan Saul Niguez.

Tim tamu kembali menekan Barcelona. Clement Lenglet berhasil memblok tendangan Angel Correa yang memanfaatkan umpan Saul pada menit ke-19.

Barcelona lebih banyak menguasai bola, tetapi Atletico lebih efektif dalam menyerang sejauh ini.

Peluang untuk Barcelona mucul di menit ke-29. Berawal dari umpan lambung Frenkie de Jong ke Antoine Griezmann, yang kemudian diselesaikan dengan sepakan kaki kiri.

Sayangnya bola masih meluncur ke arah Jan Oblak.

Baca juga: Koeman sesali inefisiensi Barca yang dipecundangi Granada

Kini giliran tuan rumah harus melakukan pergantian dini karena cedera. Sergio Busquets digantikan Ilaix Moriba saat laga berjalan setengah jam.

Pada menit ke-33, Atletico membuat peluang bagus melalui sepakan Marcos Llorente setelah menerima upan tarik Yannick Carrasco. Sayangnya, Ter Stegen masih bisa menepis bola.

Tak lama berselang, Atletico kembali melancarkan serangan dari kiri. Kali ini mantan penyerang Barcelona, Luis Suarez menusuk dan melepaskan tembakan dari sudut sempit yang lagi-lagi dihalau kiper.

Ter-Stegen tampil mengesankan dalam laga ini. Ia mampu menepis sepakan Carrasco di menit ke-37, lalu segera bangkit untuk membuang bola ke luar lapangan sebelum disambar Suarez.

Barcelona merespons di menit ke-41, Messi menggiring bola dari sisi kanan dan melewati sejumlah pemain sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang masih berakhir tipis di kanan gawang.

Serangan-serangan cepat Atletico kembali merepotkan Barcelona. Tusukan Carrasco pada menit ke-43 diakhiri tendangan yang masih bisa diblok Pique.

Sepakan Felipe dua menit kemudian melambung ke atas gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Baca juga: Atletico Madrid petik tiga poin penting setelah kalahkan Elche
Baca juga: Gelar juara liga kian dekat, Diego Simeone tak mau terlena

Selanjutnya babak kedua ...
Penyerang Barcelona Lionel Messi berjalan di sisi lapangan Stadion Camp Nou, Barcelona, saat pertandingan melawan Getafe pada 22 April 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP) (AFP/LLUIS GENE)


Barcelona langsung menebar ancaman semenit babak kedua berjalan. Tembakan melengkung Messi dari tendangan bebas disambar Lenglet, tetapi masih melambung.

Atletico balas mengancam berselang semenit, dengan Suarez menyelesaikan umpan Correa. Bola melesat ke sebelah kanan gawang.

Tim tamu membalas pada menit ke-55, kali ini sepakan voli Carrasco diblok Moriba.

Barcelona mulai bermain nyaman dan melancarkan serangan beruntun. Sepakan Moriba di menit ke-62 terhalang oleh Stefan Savic dan disusul sundulan Pique memanfaatkan umpan Messi beberapa menit kemudian. Jan Oblak masih bisa menjaga gawang Atletico tidak kebobolan.

Baca juga: Pique klaim Messi terlihat lebih bahagia saat ini di Barcelona
Baca juga: Barcelona siapkan kontrak tiga tahun untuk Messi


Messi kembali mengancam gawang lewat tendangan dari bola mati di menit ke-67, yang masih bisa ditepis Oblak.

Pada menit ke-71, sundulan Ronald Araujo menyambut umpan Jordi Alba masuk ke gawang, tetapi dianulir karena ia sudah dalam posisi offside.

Serangan balik Atletico di menit ke-72 mengancam Barcelona, tetapi Carrasco melakukan pelanggaran sebelum Suarez menghempaskan bola ke dalam gawang. Tendangan bebas untuk Barcelona.

Barcelona membuang peluang bagus di menit ke-85. Berawal dari pergerakan Alba di kiri menyusul kerja sama dari Messi dan Griezmann.

Umpan lambung bek kiri tersebut mengarah ke Ousmane Dembele yang bebas, tetapi sundulannya masih tidak tepat sasaran.

Baca juga: Dembele akui belum ada negosiasi perpanjangan kontraknya di Barcelona
Baca juga: Antoine Griezmann bangga bisa bermain untuk Barcelona


Barcelona mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Atletico. Eksekusi Lionel Messi tipis di samping kiri gawang.

Tidak ada gol tercipta sampai pertandingan selesai.

Hasil ini tetap membuat Atletico memimpin klasemen dengan 77 poin dan Barcelona punya 75 poin.

Real Madrid berpeluang menyalip Barcelona bila bisa mengatasi perlawanan peringkat empat, Sevilla pada Senin (10/5) dini hari WIB.

Susunan pemain:

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Oscar Mingueza (Ronald Araujo 46'), Gerard Pique, Clement Lenglet; Sergio Busquets (Ilaix Moriba 32'); Sergino Dest (Ousmane Dembele 73'), Frenkie de Jong, Pedri (Sergi Roberto 75'), Jordi Alba; Antoine Griezmann, Lionel Messi

Atletico Madrid (3-1-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Stefan Savic, Felipe, Mario Hermoso; Yannick Carrasco, Koke, Marcos Llorente, Thomas Lemar (Saul Niguez 13' (Joao Felix 67')); Luis Suarez, Angel Correa (Geoffrey Kondogbia 73')

Baca juga: Hajar Osasuna 2-0, Real Madrid terus tempel Atletico
Baca juga: Dipermalukan Atheltic Bilbao 1-0, peluang juara Sevilla meredup
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021