Newcastle "selamat" dari ancaman degradasi setelah hantam Leicester

Newcastle

Penyerang Newcastle United Callum Wilson (kanan) mencetak gol keduanya ke gawang Leicester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Jumat (7/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Nick Potts)

Jakarta (ANTARA) - Newcastle United secara matematis hampir pasti selamat dari ancaman degradasi setelah menghantam Leicester City 4-2 dalam laga pekan ke-35 Liga Inggris di Stadion King Power, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Kemenangan itu membuat Newcastle melompat ke urutan ke-13 dengan koleksi 39 poin sembari memperlebar jarak aman dari zona degradasi menjadi 12 poin.

Apabila Fulham yang menghuni posisi ke-18 gagal mengalahkan Burnley pada Senin (10/5) nanti, maka Newcastle secara resmi dipastikan aman dari ancaman degradasi.

Sedangkan bagi Leicester (63), kekalahan itu membuat posisi mereka di tempat ketiga terancam disalip oleh Chelsea (61) yang baru main Sabtu malam ini melawan Manchester City, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Willock yakin Newcastle selamat dari ancaman degradasi

Selain Joe Willock, Paul Dummett dan Callum Wilson yang mengemas gol-gol Newcastle, kemenangan tim besutan Steve Bruce itu tidak lepas dari penampilan gemilang kiper Martin Dubravka yang mencatatkan sedikitnya tujuh penyelamatan atas peluang Leicester sepanjang laga.

Dubravka sudah dipaksa melakukan penyelamatan atas tembakan dari tepian kotak penalti James Maddison pada menit keenam, sebelum Newcastle membuka keunggulan melalui gol Willock pada menit ke-22.

Berawal dari keteledoran Caglar Soyuncu, Willock mencuri bola di area pertahanan Leicester sebelum melepaskan tembakan silang yang tak mampu diantisipasi kiper Kasper Schmeichel.

Lantas keunggulan itu digandakan pada menit ke-34, melalui situasi sepak pojok yang diakhiri keberhasilan Dummett mengalahkan Wesley Fofana dalam duel udara untuk menanduk bola kiriman Matt Rittchie.

Dubravka melakukan dua penyelamatan penting lagi atas tembakan Kelechi Iheanacho dan Jamie Vardy untuk menjaga keunggulan 2-0 Newcastle hingga turun minum.

Leicester yang ngotot mencetak gol balasan membuat lini pertahanan mereka lengah dan pada menit ke-64 Timothy Castagne gagal memotong umpan jauh, membuat Wilson menggiring bola melewati Schmeichel dan menyarangkannya ke gawang tak bertuan demi menambah keunggulan Newcastle jadi 3-0.

Baca juga: Newcastle ganggu ambisi West Ham ke Liga Champions
Baca juga: Leicester ditahan imbang 10 pemain Southampton


Setelah Dubravka melakukan penyelamatan penting lain atas tembakan berbahaya Ayoze Perez, Newcastle kian menegaskan keunggulannya lewat gol kedua Wilson yang menyambar bola muntah hasil tembakannya sendiri yang sempat membentur tiang gawang pada menit ke-73.

Leicester akhirnya membalas tujuh menit kemudian melalui tembakan keras Marc Albrighton disusul gol Iheanacho tiga menit jelang bubaran.

Tetapi, Dubravka mencatatkan penyelamatan luar biasa atas tembakan jarak dekat Perez pada menit pertama injury time demi mengunci kemenangan Newcastle 4-2 atas Leicester.

Di pertandingan selanjutnya, Newcastle akan bermain pada Jumat (14/5) pekan depan saat menjamu Manchester City di St. James Park.

Leicester baru main lagi di Liga Inggris pada Selasa (11/5) dengan menandangi markas Manchester United, tetapi tiga hari sebelumnya mereka bakal terlebih dulu tampil dalam final Piala FA melawan Chelsea di Wembley.

Baca juga: Klopp tetap merasa badai cedera penyebab Liverpool gagal jaga gelar
Baca juga: Guardiola: Man City vs Chelsea besok bukan cuplikan final Champions
Baca juga: Solskjaer kecam jadwal padat MU usai tembus ke final Liga Europa
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021