PB Djarum kirim 17 atlet ke turnamen bulu tangkis Eropa

PB Djarum kirim 17 atlet ke turnamen bulu tangkis Eropa

Atlet tunggal putra binaan PB Djarum Ihsan Maulana Mustofa dalam temu media virtual bertajuk Atlet PB Djarum di Turnamen Eropa 2021, Kamis (6/5/2021). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - PB Djarum akan mengirimkan 17 atletnya berlaga pada empat turnamen bulu tangkis internasional di Eropa yang dijadwalkan digelar pada pertengahan Mei hingga Juni mendatang.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin mengatakan rencana pengiriman para atlet ke empat turnamen tersebut sudah disiapkan sejak Maret lalu.

Kejuaraan tersebut adalah yang pertama kalinya yang akan diikuti oleh atlet PB Djarum setelah satu tahun vakum dari berbagai kompetisi internasional karena pandemi COVID-19.

“Kami melihat tidak ada pertandingan sama sekali di Asia maupun Asia Tenggara. Akhirnya kami melihat momentum di Eropa dan memutuskan untuk mengirimkan atlet dengan jumlah yang sangat limited,” kata Yoppy dalam temu media virtual yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pebulu tangkis muda PB Djarum sukses kandaskan pemain pelatnas

Dari 17 atlet yang akan diterjunkan itu terdiri dari atlet dewasa dan junior. Untuk kategori dewasa, ada dua turnamen yang akan diikuti oleh atlet PB Djarum, yaitu BWF World Tour Super 300 Spain Masters 2021 dan Austrian Open 2021 yang merupakan kejuaraan berkategori internasional series.

Ada lima atlet yang akan berlaga pada dua turnamen tersebut, yakni tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa, ganda campuran Dejan Ferdiansyah/Serena Kani serta Ghana Muhammad Al Ilham/Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Sementara itu, para atlet junior akan diturunkan ke Yonex Slovenia International 2021 dan Croatia Valamar Junior Open.

Total ada 12 atlet muda yang disiapkan. Mereka adalah Kafi Raditya Pandika, Raynaldi Oktavianur Rizky, Ruzana, Mutiara Ayu Puspitasari, Patra Harapan Rindo Rindo, Muh. Putra Erwiansyah, Daniel Edgar Marvino, Raymond Indra, Sofy Al Mushira Asharunnisa, Rudya Aulia Fatasya, Aisyah Hanadiya Taisir, dan Jessica Maya Rismawardani.

Baca juga: Capaian Liga PB Djarum 2020 memuaskan, hadirkan kompetisi kala pandemi
Baca juga: PB Djarum tekankan faktor mental dalam proses perekrutan

Yoppy berharap para atlet yang dikirimkan itu bisa tampil maksimal dan membawa pulang minimal satu gelar juara dari kategori dewasa dan junior. Menurutnya, kesempatan itu merupakan momen yang bagus sekaligus langka bagi para atlet untuk membuktikan diri menuju pemain elite dunia.

Salah satu atlet tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa mengatakan akan memberikan penampilan maksimal terutama pada turnamen Spain Masters 2021 yang akan berlangsung pada 18-23 Mei mendatang.

“Saya kangen bertanding apalagi setelah mengundurkan diri dari pelatnas. Target di Spain Masters pastinya pengin juara karena ini kejuaraan perdana saya,” ujar Ihsan.

Rencananya, tim atlet dewasa akan bertolak menuju Spanyol pada Rabu, 12 Mei, disusul oleh tim atlet junior yang akan berangkat menuju Slovenia pada 14 Mei. Sebelum berangkat, seluruh tim dan ofisial akan menjalani tes PCR terlebih dahulu.

Seturut kalender yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui laman resminya, dari keempat turnamen yang akan diikuti, hanya Spain Masters 2021 yang sudah ditetapkan jadwalnya, yakni pada 15-23 Mei.

Akan tetapi, BWF belum menetapkan tanggal pasti untuk penyelenggaraan Slovenia Internastional 2021, Austrian Open 2021 maupun Croatia Valamar Junior Open 2021.

Baca juga: PB Djarum fokuskan pembinaan dengan tiga pendekatan sport science
Baca juga: PB Djarum paparkan proses pembinaan atlet di parlemen
Baca juga: PB Djarum tekankan pentingnya peran klub dalam pembinaan usia dini

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021