Lima bank BUMN raih Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021

Lima bank BUMN raih Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro membuka gelaran “Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021” di Jakarta, Rabu (5/5) secara virtual. ANTARA/HO-Iconomics.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima bank milik negara meraih penghargaan Indonesia corporate social responsibility (CSR) Brand Equity Awards 2021 atas program-program tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan.

Lima bank yang memperoleh penghargaan yang digelar Iconomics tersebut yakni PT Bank Mandiri, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Negara Indonesia (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (BTN).

"Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan citra tanggung jawab sosial terbaik di kategori masing-masing,” kata Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, perusahaan tidak hanya hadir untuk mencari profit dan imbal hasil untuk para pemegang saham, namun juga harus memiliki manfaat lainnya kepada masyarakat hingga lingkungan.

Bagaimana pun keberadaan perusahaan di dunia ini akan melahirkan eksternalitas dari aktivitas-aktivitas yang dilakukannya, oleh karena itu, perusahaan harus secara sukarela memberikan ”kompensasi” kepada semua stakeholder.

Bram menyatakan perusahaan biasanya mewujudkannya dalam program-program tanggung jawab perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Adanya CSR yang digelar oleh para perusahaan tidak hanya memberikan manfaat sosial hingga lingkungan, tapi juga akan memberikan dampak positif pada citra perusahaan.

"Di tengah semakin banyaknya konsumen yang memperhatikan nilai-nilai yang diusung oleh perusahaan, salah satunya yang tercermin dalam CSR, akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan," katanya melalui keterangan tertulis.

Saat ini, perusahaan banyak memberikan program-program CSR yang memiliki dampak besar kepada masyarakat dan lingkungannya, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, keberadaan program CSR akan sangat membantu meringankan permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat.

Terkait hal itu The Iconomics menggelar “Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021” pada Rabu (5/5), sebagai apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berkontribusi dalam CSR.

Perusahaan-perusahaan yang menerima apresiasi ini melalui kajian CSR Brand Equity dengan melalui survei online pada 10 kota besar di Indonesia secara random kepada lebih dari 10 ribu responden.

"Penghargaan ini kiranya dapat memberikan inspirasi atau menjadi masukan-masukan antar perusahaan dalam memprogramkan CSR. Dengan demikian, CSR tidak hanya menjadi seremonial saja tapi memberikan dampak yang semakin luas dan semakin berkualitas," katanya.

Selain lima bank BUMN, penghargaan “Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021” juga diberikan kepada 35 perusahaan lainnya baik dari perusahaan negara maupun perusahaan swasta sesuai sektor masing-masinng.

Dari perusahaan negara antara lain PT Perkebunan Nusantara III dan X, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang, PT Kimia Farma, PT Adhi Karya, PT Wijaya Karya, PT PLN dan PT Pertamina.

Sedangkan dari perusahaan swasta diantaranya, PT Astra Agro Lestari, PT Sampoerna Agro, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, PT Prudential Life Assurance.
 
Pewarta : Subagyo
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021