Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menilai bahwa ekosistem pendanaan adalah hal penting untuk mendorong industri fesyen lokal, termasuk industri modest fashion yang kian diminati di Indonesia.
 
"Perlu dipastikan bahwa para Muslim fashion founder ini bisa di-funding. Tujuannya agar kita bisa menjadi captital city of Muslim/modest fashion in the world, sehingga dibutuhkan ekosistem pendanaan yang baik. Harus dihadirkan pembiayaan terjangkau, dari kemudahan prosedur hingga bunganya kepada Muslim modest fashion founders ini," kata Menparekraf dalam perhelatan Modest FFFund 2021 di Jakarta, Rabu (5/5) petang.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa hal ini juga sejalan dengan target Indonesia untuk menjadi produsen produk halal dunia pada tahun 2024. Menteri Sandiaga memaparkan, nilai belanja di sektor ini memiliki tren yang cenderung meningkat sehingga bisa menjadi peluang bagi pelaku industri ekonomi kreatif untuk naik kelas dan nantinya juga menggerakkan perekonomian nasional.
 
"Di tahun 2022-2023 diprediksi bahwa tren (modest fashion) akan terus tumbuh dan didukung demi ekonomi bangsa. Dan kita harap UMKM ini bisa naik kelas, scale up dari kecil ke menengah, dari menengah ke besar," kata dia.
 
"Selanjutnya, adanya KUR (Kredit Usaha Rakyat), hibah pariwisata, BANPER (Program Bantuan Pemerintah), hingga Program Bangga Produk Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia, serta digitalisasi UMKM ini juga bisa direalisasikan dan memulihkan ekonomi Indonesia," ujarnya menambahkan.
 
Sebelumnya, Kemenparekraf menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk pemanfaatan jasa dan produk perbankan syariah demi pengembangan UMKM yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan Celebration Day Modest Fashion Founders Fund (MFFF) 2021.
 
Tujuannya, agar semakin banyak pelaku UMKM yang naik kelas melalui penyediaan produk serta layanan-layanan keuangan syariah bagi sektor pariwisata serta ekonomi kreatif.


Baca juga: Kemenparekraf optimistis industri fesyen modest kian bertumbuh

Baca juga: Konsep modern dan minimalis dalam busana Ramadhan

Baca juga: Lesti Kejora kolaborasi dengan Sideline dalam koleksi busana lebaran

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021