Trasenya sebagian seperti Sentul-Karawang yang masih dalam tahap kajian. (JORR 3) ini belum ada yang mulai lelang
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengungkapkan rencana tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 3 masih dalam tahap kajian.

"Masih banyak yang dikaji terkait JORR 3," ujar Plh Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin di Cibitung, Jawa Barat pada Selasa.

Nurdin juga menambahkan bahwa terkait trase untuk JORR 3 juga masih dalam tahap kajian.

"Trasenya sebagian seperti Sentul-Karawang yang masih dalam tahap kajian. (JORR 3) ini belum ada yang mulai lelang, semua masih dalam tahap kajian," katanya.

Kendati demikian, ujar Nurdin, JORR 3 dalam tahap persiapan untuk dilelangkan, di mana sebelum melakukan lelang BPJT melakukan tahapan Prakualifikasi (Prequalification) terhadap rencana tol JORR 3.

Sebelumnya Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini BPJT merencanakan lelang pekerjaan untuk tol JORR 3.

Menurut Danang, akan ada lima ring yang akan melayani wilayah tersebut.

Saat ini Kementerian PUPR masih berfokus pada penyelesaian tol JORR 2. Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 km melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas.

Sebanyak tiga ruas tol JORR 2 telah rampung, antara lain Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Kunciran-Serpong (11,19 km), dan Serpong-Cinere (10,1 km).

Sementara untuk Tol Cimanggis-Cibitung baru beroperasi Seksi 1 yakni ruas Cimanggis-Transyogi sepanjang 2,8 km yang telah beroperasi sejak 28 November 2020.

Sedangkan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Interchange Cibitung - Interchange Telaga Asih diharapkan dapat beroperasi paling lambat Juni tahun ini.

Baca juga: Presiden Jokowi minta pemda manfaatkan JORR 2 untuk tarik investasi
Baca juga: Presiden Jokowi harap tambahan 2 ruas JORR pecahkan kemacetan Jakarta
Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I percepat waktu tempuh

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021