Pramuka Temanggung ingatkan prokes di pasar tradisional

Pramuka Temanggung ingatkan prokes di pasar tradisional

Seorang anggota Pramuka Kwarcab Temanggung membagikan masker kepada pedagang di Pasar Legi Parakan. ANTARA/Heru Suyitno.

Temanggung (ANTARA) - Puluhan anggota Pramuka Kwartir Cabang Temanggung membagikan masker dan mengingatkan penerapan disiplin protokol kesehatan kepada para pedagang dan pengunjung pasar tradisional.

Dalam kegiatan Pramuka peduli di Pasar Legi Parakan, Temanggung, Selasa, sejumlah anggota Pramuka membagikan masker dan seorang di antaranya dengan menggunakan megapon menyerukan kepada warga pasar agar tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Waka Humas Kwarcab Temanggung Dwi Sukarmei menyampaikan di tengah ramainya pengunjung pasar tradisional menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah dimanfaatkan Pramuka Kwartir Cabang Temanggung untuk melakukan aksi peduli dengan membagikan masker gratis.

Ia menyampaikan aksi Pramuka peduli ini dilakukan di beberapa tempat, yakni di Ngimbrang, Pasar Parakan, Pasar Ngadirejo, dan Pasar Candiroto.

Dwi yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung ini menyampaikan aksi Pramuka peduli tidak hanya pembagian masker tetapi juga ikut berperan serta dalam Posko Terpadu Larangan Mudik.

Baca juga: AP I-Kwarda Pramuka Bali bagikan masker di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Baca juga: Kwarnas Pramuka bantu korban tsunami dan COVID-19 di Banten


Ia menuturkan aksi Pramuka peduli di pasar tradisional ini sebagai wujud partisipasi dalam pencegahan COVID-19.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun di tengah situasi dan kondisi yang serba terbatas ini," katanya.

Menurut dia pembagian masker ini sangat penting karena penggunaan masker ini bagian protokol kesehatan yang mudah dilakukan.

"Kami mengambil sasaran tempat-tempat keramaian termasuk di Pasar Parakan yang merupakan pusat perekonomian ini sebagai tempat rawan penyebaran COVID-19. Oleh karena itu kami membagikan masker dan terus mengingatkan warga pasar untuk disiplin prokes," katanya.

Dwi menyampaikan pasar merupakan tempat kerumunan, bergerombol maupun bertemunya banyak orang yang tentunya rawan penyebaran COVID-19.

"Meskipun kesadaran masyarakat akan prokes, baik pedagang maupun pengunjung sudah bagus, kami tidak segan selalu memberikan motivasi agar tetap menjaga prokes guna mencegah penularan COVID-19," katanya.

Baca juga: Pramuka bentuk Satgas Relawan COVID-19 pada peringatan Sumpah Pemuda
Baca juga: Anies berharap Pramuka punya andil saat pandemi COVID-19
Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021