Enam pabrikan sepakat buat standar perangkat mobil terhubung

Enam pabrikan sepakat buat standar perangkat mobil terhubung

Raksasa otomotif Jepang teken kerja sama mobil terkoneksi (ANTARA/HO Toyota Global)

Jakarta (ANTARA) - Suzuki Motor Corporation (Suzuki), Subaru Corporation (Subaru), Daihatsu Motor Co. Ltd. (Daihatsu), Toyota Motor Corporation (Toyota), dan Mazda Motor Corporation (Mazda) sepakat untuk mengembangkan spesifikasi teknis perangkat komunikasi untuk mobil terhubung.

Lima produsen mobil itu sepakat bersama-sama mengembangkan spesifikasi teknis untuk perangkat komunikasi kendaraan generasi mendatang dan mempromosikan penggunaan umum sistem komunikasi, dengan menggunakan layanan terhubung untuk menghubungkan mobil dan masyarakat dengan tujuan menciptakan daya tarik, nilai, dan layanan baru, untuk distandarisasi.

Dalam bidang CASE (terhubung, otonom/otomatis, bersama, dan listrik), yang disebut membawa transformasi besar dalam industri otomotif, kemajuan pesat sedang dibuat dalam domain yang terhubung, dalam kaitannya dengan aspek komunikasi dan data teknologi dan bisnis termasuk layanan cloud, IoT, big data, dan AI.

Produsen mobil individu secara mandiri mengembangkan perangkat komunikasi kendaraan, dan bahkan dalam kasus di mana layanan terhubung yang sama seperti fungsi operasi jarak jauh disediakan, setiap perusahaan mengadopsi pendekatan yang berbeda dalam melanjutkan pengembangan dan menggunakan sumber daya yang relevan.

Baca juga: Kembangkan Internet of Vehicle, Foton dapat 3,5 miliar data tiap hari

Menanggapi keadaan ini, lima produsen mobil itu dapat menyediakan layanan terhubung yang lebih aman dan nyaman kepada pelanggan sedini mungkin, dengan memposisikan pengembangan perangkat komunikasi kendaraan, yang merupakan fungsi dasar dari mobil yang terhubung, sebagai domain kerja sama, menurut pernyataan bersama Suzuki, Toyota, Daihatsu, Subaru, dan Mazda, dikutip Selasa.

Saat ini, Suzuki, Subaru, Daihatsu, dan Mazda, dengan menggabungkan teknologi mereka sendiri ke dalam teknologi komunikasi kendaraan dasar yang dikembangkan oleh Toyota, akan bersama-sama membangun sistem untuk mobil terhubung generasi mendatang dengan spesifikasi koneksi yang sama dari kendaraan ke jaringan dan komunikasi kendaraan.

Hasilnya, dengan lebih menstabilkan kualitas komunikasi antara kendaraan dan pusat perangkat komunikasi kendaraan, akan memungkinkan untuk menyediakan layanan terhubung yang lebih nyaman kepada pelanggan, seperti panggilan yang lebih jelas antara pelanggan dan operator dan kecepatan koneksi yang lebih cepat.

Suzuki, Subaru, Daihatsu, Toyota, dan Mazda akan secara terbuka mempertimbangkan kerja sama dengan mitra yang berpikiran sama terkait pengembangan bersama yang disepakati saat ini sambil melanjutkan upaya mengembangkan layanan yang memperkaya kehidupan masyarakat dan menyelesaikan masalah sosial.

Baca juga: Raksasa otomotif Jepang teken kerja sama mobil terkoneksi

Baca juga: Tinggalkan ponsel, LG jajaki bisnis komponen mobil terkoneksi dan AI?

Baca juga: LG gandeng Qualcomm kembangkan platform otomotif 5G
Pewarta : Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021