Lyon menangi drama lima gol atas Monaco hanya dengan 10 pemain

Lyon menangi drama lima gol atas Monaco hanya dengan 10 pemain

Bek sayap Olympique Lyon Rayan Cherki (kiri) melakukan selebrasi bersama Maxwel Cornet seusai mencetak gol penentu kemenangan atas AS Monaco dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monaco, Minggu (2/5/2021) waktu setempat. ANTARA/AFP/Valery Hache.

Jakarta (ANTARA) - Olympique Lyon memenangi drama lima gol dalam laga pekan ke-35 Liga Prancis yang berakhir dengan skor 3-2 atas AS Monaco walaupun mereka harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain di Stadion Louis II, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kevin Volland membawa tuan rumah lebih dulu memimpin pada menit ke-25 lewat sepakan kaki kanannya menyelesaikan umpan terobosan Wissam Ben Yedder.

Keunggulan Monaco bertahan hingga turun minum dan jibaku Lyon baru membuahkan hasil ketika Memphis Depay melesakkan tembakan jarak jauh demi membuat kedudukan imbang pada menit ke-57.

Perjuangan Lyon untuk bangkit harus menghadapi tantangan besar ketika Maxence Caqueret diusir dari lapangan setelah menerima kartu kuning kedua pada menit ke-70.

Namun, situasi 10 lawan 11 gagal dimanfaatkan Monaco, tetapi justru Lyon yang berhasil berbalik merebut keunggulan pada menit ke-77 saat Marcelo menanduk umpan silang Depay dalam situasi bola mati.

Baca juga: Lille amankan kembali posisi puncak setelah sempat digusur PSG

Pada menit ke-83 kiper Anthony Lopes menjatuhkan Pietro Pellegri di dalam kotak penalti Lyon dan wasit Clement Turpin menghabiskan hampir tiga menit lamanya untuk berkonsultasi dengan VAR sebelum memberikan hadiah tendangan 12 pas bagi Monaco.

Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Ben Yedder yang sukses mengkonveri bola ke tengah gawang demi membuat kedudukan imbang pada menit ke-86.

Namun, tiga menit kemudian Lyon berhasil merestorasi keunggulan mereka saat dua bek sayap mereka bekerja sama dan Rayan Cherki menyelesaikan umpan Mattia De Sciglio untuk membuat tim tamu memimpin 3-2 semenit jelang bubaran waktu normal.

Skor 3-2 bertahan hingga bubaran, tetapi setelah peluit akhir ditiup Turpin kedua tim terlibat cekcok di tengah lapangan.

Turpin akhirnya menghadiahi kartu merah untuk dua pemain Monaco, Pietro Pellegri dan Willem Geubbels, serta De Sciglio di kubu Lyon, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Baca juga: PSG rebut puncak klasemen setelah tundukkan Lens

Hasil laga sengit yang dibanjiri gol dan kartu merah itu membuat Lyon menjaga peluang juara mereka kendati belum beranjak dari peringkat keempat.

Lyon yang ada di peringkat keempat mengoleksi 70 poin, tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen Lille, lima poin dari Paris Saint-Germain dan satu poin saja di bawah Monaco.

Di pertandingan selanjutnya, Lyon akan main lebih awal pada Sabtu (8/5) saat menjamu Lorient di Stadion Groupama sedangkan Monaco bakal bertandang ke Stadion Auguste-Delaune sehari kemudian untuk menghadapi Reims.

Baca juga: Saint-Etienne pastikan aman dari degradasi otomatis Liga Prancis
Baca juga: Gol larut hindarkan Marseille dari kekalahan lawan Strasbourg
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021