Telkomsel dan pemerintah dorong pemulihan UKM di masa pandemi

Telkomsel dan pemerintah dorong pemulihan UKM di masa pandemi

Telkomsel dan Gojek integrasikan layanan iklan digital dukung pelaku UMKM (HO/Telkomsel)

Jakarta (ANTARA) - Telkomsel bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berkolaborasi untuk mendukung program UKM Go Digital untuk mendorong pemulihan bisnis di masa pandemi.

"Saat ini, kita melihat realitas yang tak bisa dimungkiri bahwa pandemi COVID-19 memukul sektor UKM. Padahal, sektor UKM merupakan penggerak roda perekonomian yang berkontribusi besar terhadap PDB dan pembukaan lapangan pekerjaan. Maka dari itu, Telkomsel menyambut positif kolaborasi dengan Kemenkop UKM untuk meningkatkan kapasitas pelaku UKM agar bisa go digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini perilaku dan gaya hidupnya menjadi serba digital. Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong sektor UKM untuk mengadopsi teknologi digital dengan cepat agar dapat survive di tengah pandemi serta terus berkembang dan meningkatkan daya saing ke depan," kata Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir, dalam siaran pers, dikutip Sabtu.

Baca juga: Telkomsel pastikan jaringan 4G dukung Gernas BBI di Sikka NTT

Baca juga: Telkomsel tambah 121 BTS baru optimalisasi jaringan di Sumatera


Kerja sama Telkomsel dan Kemenkop UKM ini meliputi sejumlah kegiatan untuk meningkatkan kapabilitas digital para pelaku UKM. Inisiatif ini meliputi pelatihan peningkatan kompetensi sumber daya manusia UKM, perluasan pasar nasional bagi produk UKM dan pengembangan pengelolaan usaha serta sistem pembayaran digital.

"Melalui kerja sama ini, kami menatap optimis untuk memulai gebrakan-gebrakan baru agar para pelaku UKM dapat berlari cepat dan lincah menuju UKM Go Digital. Hal tersebut pun didukung dengan pembekalan ilmu yang relevan seperti digitalisasi kegiatan pemasaran dan peningkatan keterampilan teknis produksi. Harapannya, kerja sama ini juga dapat menjadi daya dongkrak dan batu pijakan dari pelaksanaan program-program Kemenkop UKM agar dapat berjalan lebih optimal," kata Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kemenkop UKM, Hanung Harimba Rachman.

Telkomsel juga mendukung Kemenkop UKM mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas 120 UMKM di berbagai wilayah di Jawa Barat, juga memberikan lisensi aplikasi laporan keuangan digital.

Telkomsel melibatkan 99 persen Usahaku, platform multifungsi milik mereka, sebagai solusi digital untuk mengakselerasi pelaku UKM go digital.

Mereka akan memberikan fitur edukasi berisi konten pelatihan digital, solusi bisnis untuk membantu produktivitas, fitur pembiayaan sebagai akses permodalan, fitur pemasok untuk mendapatkan pasokan barang dan pemasaran untuk menghubungkan dengan calon konsumen di sekitar.

Baca juga: Telkom Jayapura: Kabel laut putus berdampak pada jaringan komunikasi

Baca juga: KKP gandeng Telkomsel hadirkan konten edukasi sektor KP

Baca juga: Telkomsel Enterprise Mobile Security berikan solusi keamanan digital

 
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021