Hari Buruh, Pemprov Sulsel siap tingkatkan kualitas pekerja lewat BLK

Hari Buruh, Pemprov Sulsel siap tingkatkan kualitas pekerja lewat BLK

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman bersama sembilan serikat pekerja atau serikat buruh dan pihak BPJAMSOSTEK Sulama di Rujab Wakil Gubernur Sulsel, Makassar, Jumat petang (1/05/2021). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaeman menyatakan kesiapan Pemprov sulsel dalam meningkatkan kualitas SDM dari para buruh dan pekerja melalui balai latihan kerja (BLK) di Kota Makassar.

Meski langkah ini pernah dilakukan, namun hal tersebut kembali dibahas oleh Andi Sudirman dengan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh terkait peningkatan skill pekerja atau buruh dalam rangka Hari Buruh Nasional, 1 Mei.

"Kita juga bicara dengan teman-teman terkait bagaimana peningkatan skill, sudah ada teman-teman Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan lainnya sudah pernah di BLK, termasuk untuk peningkatan skill, bahasa, teknologi IT, komputerisasi," katanya di Makassar, Sabtu.

Baca juga: Menaker: May Day 2021 perayaan atas harapan

Menurutnya, dialog dengan para pekerja menjadi langkah positif dan sebuah keharusan untuk saling mengisi, saling berbagi informasi tentang apa kebutuhan Serikat Buruh dan Serikat Pekerja yang bisa dikerjasamakan Pemprov Sulsel.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan silaturahmi BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK yang hadir untuk menyerahkan bantuan kepada Serikat Buruh dan Serikat Pekerja di Sulawesi Selatan.

"Ini ada beberapa bantuan diberikan, tentu masih terbatas karena masalahnya tidak terlepas dengan kondisi (Pandemi COVID-19) kita kan, sehingga perlu gotong royong lah sama-sama kita nanti," ucapnya.

Sebanyak 520 paket sembako diberikan untuk sembilan serikat buruh atau serikat pekerja. Mereka adalah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI), Konfederasi Serikat Nusantara (KSN), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja (FSP) Kahutindo, Gabungan Serikat Buruh Nasional (GSBN), Gabungan Serikat Buruh Mandiri Indonesia (GSBMI), dan Federasi Perjuangan Buruh Nasional Konfederasi Serikat Nasional (FPBN KSN).

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku Arief Budiarto mengatakan bahwa penyerahan paket sembako ini dalam rangka meringankan beban pekerja di masa pandemi COVID-19 dan meningkatkan engagement dengan Serikat Pekerja / Serikat Buruh .

"Jadi sebenarnya kita dalam rangka memperingati May Day (Hari Buruh), salah satunya kami diminta untuk berpartisipasi agar kesejahteraan buruh bisa terbantu. Langkahnya ialah pemberian paket sembako untuk serikat kerja dan serikat buruh di Sulsel," katanya.

Baca juga: Disnaker Lampung harapkan buruh salurkan aspirasi melalui dialog
Baca juga: Ini permintaan serikat pekerja pada peringatan May Day
Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021