Pemkot Mataram sediakan paket sembako bagi lansia siap divaksin

Pemkot Mataram sediakan paket sembako bagi lansia siap divaksin

Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 untuk lanjut usia (lansia) di RSUD Kota Mataram di Mataram, NTB, Senin (22/3/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyediakan paket sembako bagi kalangan lanjut usia (lansia) yang siap divaksin COVID-19, sebagai salah satu upaya percepatan cakupan vaksinasi lansia.

"Hal itu sebagai ikhtiar kami memotivasi lansia agar mau datang ke pusat layanan vaksinasi COVID-19 yang telah kita siapkan baik siang maupun malam hari," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Rabu.

Dikatakan, pemberian paket sembako bagi lansia yang bersedia divaksin COVID-19, merupakan hasil rapat dengan beberapa pihak terkait antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), perwakilan TNI/Polri, camat dan Baznas Kota Mataram dipimpin langsung oleh Sekda setempat, untuk mendongkrak percepatan vaksinasi lansia.

Pasalnya, dari data Dinas Kesehatan Provinsi NTB per tanggal 25 April 2021, tercatat cakupan vaksinasi lansia dosis tahap pertama di Mataram sebesar 38,8 persen atau 10.100 lansia, sedangkan dosis kedua 24,8 persen atau 6.452 lansia dari target sekitar 26 ribu lansia.

"Karena itu, kita berharap semoga dengan memberikan paket sembako bisa memotivasi lansia serta target percepat vaksinasi bisa terrealisasi," katanya seusai mengikuti rapat percepatan vaksinasi lansia.

Baca juga: Vaksinasi lansia, RSUD Mataram-NTB buat tim penjemputan siang-malam
Baca juga: Mendagri harap Dasan Cermen jadi model penerapan PPKM Mikro di NTB


Martawang yang juga menjabat sebagai Plt Direktur RSUD Kota Mataram mengatakan, anggaran untuk menyiapkan paket sembako tersebut akan dialokasikan oleh Baznas Kota Mataram.

"Sejauh ini kami belum tahu berapa kebutuhan anggaran serta isinya apa saja. Untuk paket sembako sepenuhnya ditangani Baznas, dan mungkin saat ini sedang dipersiapkan sebab kita baru saja selesai rapat," katanya.

Selain memberikan paket sembako, lanjutnya, untuk mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19 selain membuka pelayanan siang di RSUD dan 11 puskesmas se-Kota Mataram, Pemkot Mataram juga menyiapkan pelayanan vaksinasi malam mulai Minggu malam (2/5-2021) atau masuk malam 10 terakhir Ramadhan 1442 Hijriah.

Untuk titik-titik pelayanan malam, saat ini masih dikoordinasikan oleh camat dan lurah termasuk data jumlah sasaran lansia di wilayah masing-masing sebab itu terkait juga dengan penyiapan paket sembako.

"Guna mendukung pelayanan vaksin malam, selain melibatkan vaksinator dari RSUD Kota Mataram, Dinas Kesehatan, juga meminta bantuan vaksinator di Dinkes Provinsi NTB," katanya.

Sementara untuk pengamanan dan lainnya, tambahnya, dilakukan sinergitas dengan jajaran TNI/Polri, termasuk untuk penjemputan lansia yang tidak bisa ke lokasi layanan vaksinasi.

Baca juga: Dinkes-RSUD Mataram didorong buka layanan vaksin COVID-19 malam
Baca juga: Dinkes: Selama puasa layanan vaksinasi COVID-19 di Mataram rendah


 
Pewarta : Nirkomala
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021