KPU dan Bawaslu Pusat pantau langsung kesiapan PSU Pilkada Banjarmasin

KPU dan Bawaslu Pusat pantau langsung kesiapan PSU Pilkada Banjarmasin

TPS di Basirih Selatan yang siap laksanakan PSU Pilkada Kota Banjarmasin 2020. ANTARA/Sukarli

Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI ikut memantau persiapan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020, Rabu (28/4).

Anggota KPU Provinsi Kalimantan Selatan Edy Ariansyah saat memantau persiapan PSU Pilkada Kota Banjarmasin 2020 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 26 Kelurahan Basirih Selatan, Selasa malam, menginformasikan bahwa anggota KPU RI Arif Budiman dan Ketua Bawaslu RI Abhan turun langsung ke TPS-TPS menjelang pelaksanaan PSU besok.

"Ada beberapa TPS yang disambangi KPU dan Bawaslu Pusat di tiga kelurahan yang digelar PSU," ujar Edy.

Pelaksanaan PSU Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin di tiga kelurahan, Banjarmasin Selatan, yang diperintahkan Mahkamah Konsitusi (MK), yakni Kelurahan Mantuil, Murung Raya, dan Basirih Selatan.

"KPU dan Bawaslu RI sangat memperhatikan agar PSU Pilkada Kota Banjarmasin berjalan lancar dan demokratis, tidak ada masalah lagi," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sangat menaruh perhatian agar pelaksanannya berjalan lancar dan aman sehingga memandang penting memantau secara langsung ke TPS-TPS.

Baca juga: 29.056 surat suara untuk PSU Pilkada Banjarmasin sudah siap

"Pada tanggal 9 Juni 2021 akan dilaksanakan juga PSU Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel juga di Banjarmasin Selatan," tutur Edy.

Selain pihak KPU dan Bawaslu RI, Pejabat Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fydayeen didamping pimpinan daerah lainnya juga melakukan pemantauan dengan mengunjungi TPS-TPS di tiga kelurahan yang melaksanakan PSU tersebut.

"Sejauh ini persiapan PSU sudah matang, semoga tingkat partisipasi pemilih tinggi," ujar Pejabat Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fydayeen secara singkat.

PSU Pilkada Kota Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan di tiga kelurahan tersebut terdapat 80 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 29.000 orang.

PSU Pilkada Kota Banjarmasin ini tarung ulang empat pasangan calon, yakni paslon nomor urut 01 H. Haris Makkie-Ilham Noor, paslon nomor urut 02 H. Ibnu Sina-H. Arifin Noor, paslon nomor urut 03 H. Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali Alhabsy, dan paslon nomor urut 04 Hj. Ananda-H. Mushaffa Zakir.

Baca juga: KPU Banjarmasin koordinasi Pemkot gelar PSU di bulan Ramadan
Pewarta : Sukarli
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021