Kegiatan Operasi Ketupat Musi dijadwalkan berlangsung pada 6-17 Mei 2021
Palembang (ANTARA) - Jajaran Polisi Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan menyiapkan Operasi Ketupat Musi 2021 untuk mencegah masyarakat mudik Lebaran sebagai tindakan antisipasi penyebaran COVID-19.

"Kegiatan Operasi Ketupat Musi dijadwalkan berlangsung pada 6-17 Mei 2021 untuk memaksimalkan penyekatan arus mudik di perbatasan wilayah provinsi yang telah berjalan sejak beberapa waktu lalu," kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol.Cornelis F Hotman Sirait, di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, dalam operasi tersebut, petugas di lapangan diarahkan mengutamakan edukasi kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pemerintah melarang mudik Lebaran untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 yang hingga sekarang ini angka kasus positif masih cukup tinggi.

Selain menutup celah arus mudik, pihaknya juga berupaya melakukan pemeriksaan kesehatan dan surat kesehatan bagi masyarakat yang tergolong pengecualian boleh melakukan perjalanan.

Kemudian, pihaknya juga berupaya menegakkan disiplin protokol kesehatan secara ketat serta edukasi tertib berlalu lintas agar tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menjelang dan setelah Lebaran, ujarnya.

Untuk menyukseskan Operasi Ketupat Musi 2021 itu, pihaknya hingga saat ini terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dan instansi terkait.

Melalui upaya tersebut diharapkan masyarakat bisa memahami larangan mudik, dan menahan diri untuk tidak mudik Lebaran tahun ini sebagai tindakan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, ujarnya pula.
Baca juga: Gubernur Sumsel siap perketat bandara terkait larangan mudik
Baca juga: Polda Sumsel larang bus melintas Jalintim-Jalinteng

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021