Belitung,Babel (ANTARA) - Komando Distrik Militer 0414/Belitung, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang guna menghormati 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang gugur karena tenggelam di perairan laut Bali.

Komandan Kodim 0414/Belitung, Letnan Kolonel Infantri Mustafa Akbar, di Tanjung Pandan, Selasa, mengatakan, pengibaran bendera setengah tiang itu sebagai tanda berkabung dan menghormati 53 ksatria Hiu Kencana yang gugur saat menjalankan tugas.

Baca juga: Rutan Maninjau gelar Shalat Gaib untuk awak KRI Nanggala-402

"Sebagai wujud rasa belasungkawa dan rasa duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 prajurit Hiu Kencana TNI AL dengan mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang," katanya.

Menurut dia, jajaran Kodim 0414/Belitung juga menggelar doa bersama untuk para awak KRI Nanggala-402 yang gugur karena tenggelam dalam tugas latihan di perairan Bali beberapa waktu lalu.

Baca juga: Lettu Laut Muhadi pendiri Saka Bahari Kwarcab Parigi Moutong

Ia menambahkan, sesuai instruksi Kementerian Pertahanan, pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang tersebut dilakukan selama tujuh hari ke depan.
"Sesuai instruksi pengibaran bendera setengah tiang dimulai pada 26 April sampai 3 Mei mendatang," ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mendoakan 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur. "Kami juga berharap kepada keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kekuatan dan ketabahan," kata dia.

Baca juga: Kapal-kapal TNI AL kibarkan bendera setengah tiang


 

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021