Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mendistribusikan bantuan berbagai kebutuhan pokok bagi korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meringankan korban terdampak yang sampai saat ini masih membutuhkan uluran tangan.

"Bantuan tersebut dikirimkan langsung dengan kapal Pelni dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya," kata Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Bantuan terdiri dari bahan makanan berupa beras, mie instan, air mineral, selimut, biskuit, daging kornet, ikan sarden, susu, obat-obatan, kompor portable, dan kebutuhan lainnya untuk digunakan para pengungsi di NTT.

Andi Gani menjelaskan, pendistribusian bantuan KSPSI ke NTT bekerjasama dengan Polres Tanjung Perak dan Polda Jawa Timur. "Ini juga merupakan bentuk sinergitas konfederasi buruh dengan Polri," jelasnya.

Menurutnya, bantuan ini merupakan bentuk komitmen KSPSI untuk Indonesia, berkontribusi langsung kepada masyarakat yang sedang dilanda bencana.

Semua bantuan yang disampaikan KSPSI, kata Andi Gani, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di NTT.

Putra asli NTT ini memastikan akan terus memantau situasi dan kondisi terkini serta siap terlibat dalam pendistribusian bantuan susulan khususnya di beberapa posko pengungsian yang telah disediakan di NTT.

Andi Gani menegaskan, bantuan dari konfederasi buruh terbesar di Indonesia ini akan terus berlanjut. "Ini bagian dari partisipasi KSPSI bersama-sama seluruh lapisan masyarakat untuk membangun NTT kembali," ujarnya.

Bencana alam Siklus Tropis Seroja menghantam NTT pada Minggu (4/4). Cuaca ekstrem, banjir bandang, hingga tanah longsor meluluhlantahkan daerah tersebut.

Baca juga: KSPSI minta perwakilan buruh dilibatkan di Satgas THR

Baca juga: KSPSI buka posko bantu korban bencana tanah longsor di Sumedang

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021