Busana terbaik di Oscar 2021

Busana terbaik di Oscar 2021

Aktris Vanessa Kirby, aktor LaKeith Stanfield dan Andra Day berpose di studio foto The Academy Awards. (Instagram/@theacademy)

Jakarta (ANTARA) - Tahun ini gelaran penghargaan Oscar kembali penuh dengan gemerlap lampu, sorot kamera, dan aktor sungguhan di karpet merah. Setelah setahun pidato penerimaan dengan hanya menggunakan sweater melalui Zoom - yang kadang terputus-putus -, acara tahunan Academy Awards ke-93 kembali memperlihatkan gemerlap dan pesona kemewahan.

Produser acara Steven Soderbergh, Stacey Sher, dan Jesse Collins ingin siarannya "terlihat seperti film, bukan acara televisi" dan meminta nominasi untuk mengikuti kode berpakaian untuk berpakaian "formal dan keren bila ingin hadir di lokasi".

Baca juga: Satu "goody bag" Oscar 2021 dilansir bernilai Rp2,9 miliar

Baca juga: Daftar pemenang Oscar 2021


Kode berpakaian atau dress code semacam itu kembali mengunggah para aktris dan aktor untuk tampil menawan demi gelar tak resmi "busana terbaik".

Di karpet merah tampak warna ivory dikenakan oleh sejumlah aktris. Sebut saja Viola Davis yang mengenakan gaun rancangan Alexander McQueen. Ada juga nominasi aktris pendukung terbaik Maria Bakalova yang menggunakan gaun bak putri raja rancangan Louis Vuitton. Kemudian Tiara Thomas yang mendapatkan nominasi untuk best original song, tampak mengagumkan dengan setelan dari Jovana Louis.
 
Aktris Carey Mulligan (Instagram/@theacademy)


Beberapa aktris tampak mengenakan busana dengan warna emas yang senada dengan piala Oscar. Ada Carey Mulligan yang dinominasikan sebagai aktris terbaik mengenakan gaun emas rancangan Valentino. Andra Day mengenakan busana keluaran rumah mode Vera Wang Haute. Sementara Leslie Odom Jr. yang mendapatkan dua nominasi sekaligus, mengenakan setelan jas karya Brioni.

Warna lain yang banyak dikenakan adalah merah. Sari sejumlah aktris yang menggunakan warna senada dengan warna karpet, Amanda Seyfried tampak menawan dalam balutan gaun tulle merah karya Armani Prive. Resse Witherspoon mengenakan gaun Christian Dior dan Angela Basset mengenakan gaun kustom karya Alberta Ferretti.
Aktris sekaligus penyanyi Zendaya berpose di karpet merah dalam gelaran Academy Awards 2021. (Instagram/@theacademy)


Gaun-gaun dengan potongan cut-off juga banyak mendominasi busana yang dikenakan para aktris dalam gelaran ini. Vanessa Kirby mengenakan gaun pink pucat dari rumah mode Gucci, sedangkan Zendaya mengenakan gaun sutera berwarna kuning karya Valentino dengan aksen cut-off di bagian perut.

Aktris lain yang tampak menawan adalah Margot Robbie yang mengenakan busana metalik dari rumah mode Chanel, Halle Berry yang tampak seperti muncul dari negeri dongeng dengan gaun warna lavender, serta Celeste Waite yang mengenakan gaun kustom karya Gucci.

 
Aktor cilik Alan Kim dan produser "Minari" Christina Oh. (Instagram/@theacademy)


Penampilan para pria pun tidak kalah mencuri perhatian. Seperti Riz Ahmed yang mengenakan setelan hitam resmi karya rumah mode Prada, kontras dengan Aldis Hodge yang mengenakan setelah dari kepala ke ujung kaki serba putih.

Namun dari seluruh tampilan, aktor cilik "Minari" Alan Kim paling mencuri perhatian dengan setelan "black tie" namun menggunakan celana pendek. Sedangkan produser "Minari" Christina Oh memilih gaya berbusana androgini, dengan mengenakan jaket yang dipadu dengan blouse menyerupai kimono dan celana baggy yang unik.

Baca juga: Film terbaik Oscar 2021: "Nomadland"

Baca juga: Anthony Hopkins kalahkan Chadwick Boseman jadi aktor terbaik Oscar

Baca juga: Daniel Kaluuya raih Oscar untuk "Judas and the Black Messiah"


 
Pewarta : Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021