Jakarta (ANTARA) - Aktor Inggris Anthony Hopkins dinobatkan sebagai aktor terbaik Oscar, Minggu waktu setempat, sebuah kemenangan tak disangka-sangka atas mendiang Chadwick Boseman yang selama ini dijagokan.

Aktor 83 tahun ini memenangi Oscar kedua sepanjang kariernya atas penampilan sebagai pria dengan penyakit demensia dalam film "The Father".

Dia tidak datang ke upacara Oscar 2021 di mana dia jadi aktor tertua yang memenangi Academy Award.

Baca juga: Chloe Zhao perempuan Asia pertama yang jadi sutradara terbaik Oscar

Aktor ini sudah berkarier selama enam dekade di film, televisi dan panggung teater. Salah satu peran yang paling dikenal adalah pembunuh Hannibal Lecter dalam film thriller "The Silence of the Lambs" (1991) di mana dia memenangi piala Oscar pertamanya.

Sementara itu, Chadwick Boseman yang dikenal lewat film pahlawan super "Black Panther" diperkirakan akan membawa pulang penghargaan aktor terbaik sebagai pemain terompet ambisius di drama "Ma Rainey's Black Bottom" setelah memenangi beberapa penghargaan sebelum Oscar.

Boseman meninggal dunia pada Agustus 2020 setelah diam-diam berjuang melawan kanker usus besar selama empat tahun.

Dalam "The Father", Hopkins memerankan lansia yang menolak bantuan keluarganya dan mulai meragukan mana yang nyata dan mana yang khayalan. Film itu diadaptasi dari pentas tahun 2012 berjudul sama.

Lahir di Wales, Hopkins adalah putra dari pembuat kue yang sepanjang karier telah berakting sebagai mantan Presiden AS Richard Nixon hingga seniman Pablo Picasso, Paus Benedict dan sutradara Alfred Hitchcock.

Namun Hopkins mengatakan cinta pertamanya adalah musik dan dia terjun ke dunia akting secara tak sengaja. Dia juga seorang pianis dan seniman yang telah menetap bertahun-tahun di California, demikian Reuters.

Baca juga: Jelang Oscar, "The Rite" Pimpin Box Office

Baca juga: Frances McDormand raih Oscar ketiga lewat "Nomadland"

Baca juga: Youn Yuh-jung "Minari" bawa pulang Aktris Pendukung Terbaik Oscar

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021