Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Arema FC mengharapkan agar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama seluruh pemangku kepentingan terkait bisa segera memberikan kejelasan terkait kepastian izin pelaksanaan kompetisi Liga 1 Indonesia.

Media Ofiser Arema FC Sudarmaji mengatakan kepastian izin tersebut akan memberikan kepastian kepada klub-klub yang ada di Indonesia, terutama untuk mempersiapkan tim pada kompetisi mendatang.

"Semoga PSSI segera mengirimkan surat resmi itu ke klub-klub. Agar kami memiliki kepastian legal standing untuk mempersiapkan kompetisi mendatang," kata Sudarmaji di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Sudarmaji menjelaskan dengan pernyataan PSSI yang menyebutkan kompetisi Liga 1 akan mulai bergulir pada 3 Juli mendatang, maka diharapkan PSSI, Menpora, Satgas COVID-19 dan kepolisian bisa segera duduk bersama agar kepastian izin kompetisi segera turun.

Baca juga: Arema FC harapkan penerapan prokes ditingkatkan saat Liga 1 bergulir 
Baca juga: Arema FC: Apresiasi Presiden sinyal positif sepak bola Indonesia 


Menurut Sudarmaji, saat ini Arema FC masih menunggu izin resmi dari kepolisian. Setelah adanya izin dari pihak kepolisian tersebut, Arema FC baru akan melakukan persiapan seperti terkait kontrak pelatih, pemain dan juga sponsorship.

"Kami patut syukuri rencana PSSI akan menggulirkan kompetisi awal Juli 2021. Bagi kami, PSSI, Kemenpora serta kepolisian harus bisa bersinergi untuk digelarnya kompetisi," ujar Sudarmaji.

Ia menambahkan salah satu poin penting dalam pelaksanaan pertandingan sepak bola adalah penerapan protokol kesehatan. Pada pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, penyelenggara mampu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Selama Piala Menpora, semua pihak menjalankan prokes dengan ketat dan perilaku tersebut telah menunjukkan bahwa prokes sudah menjadi pola hidup baru dalam aktivitas sepak bola," tutur Sudarmaji.

Saat ini, meskipun belum ada surat resmi terkait izin pelaksanaan Liga 1 Indonesia, Arema FC masih terus melakukan persiapan. Para pemain dipersiapkan dengan berbagai skema latihan oleh asisten pelatih Kuncoro.

Sebagai catatan, untuk posisi pelatih kepala sejauh ini masih menunggu kepastian izin kompetisi. Beberapa waktu lalu, Arema FC telah melakukan kontrak dengan pelatih asal Brasil Carlos Oliveira, namun kompetisi Liga 1 2020 tidak dilanjutkan. 

Baca juga: Arema FC mulai berburu pelatih kepala 
Baca juga: Akademi Arema bekali pemain muda terkait pandemi COVID-19 

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021