Banjarmasin (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA berharap Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bisa menyiapkan lahan untuk relokasi bagi korban banjir yang terjadi pada awal 2021.

"Dalam pemulihan pascabanjir nanti, pemerintah HST juga harus siap, terutama dalam pengadaan lahan bagi masyarakat yang nantinya direlokasi," katanya di Banjarmasin Sabtu.

Safrizal mengungkapkan, dia akan berjuang untuk menuntaskan mitigasi bencana di Kalsel, termasuk HST sebelum masa tugasnya berakhir di provinsi ini.

Dia mengungkapkan, merasa kurang puas jika di masa jabatannya belum bisa menyelesaikan mitigasi bencana di Kalsel, terutama pascabanjir besar yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Saya berharap, sebelum saya menyelesaikan tugas sebagai Pj Gubernur, saya dapat menyelesaikan salah satu tugas utamanya, yaitu mitigasi bencana," ujarnya.

Safrizal berharap dukungan penuh dari pemerintah daerah dan pihak lainnya, agar mitigasi bencana ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Segala bentuk administrasi dapat diselesaikan, sehingga bantuan dapat segera diberikan oleh pemerintah pusat.

Bupati HST, Aulia Oktafiandi saat menyambut Pj Gubernur Kalsel Safrizal yang melakukan safari Ramadhan 2021 ke dearah tersebut menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pj Gubernur terhadap Pemkab HST.

Aulia berharap dukungan dari Pemprov Kalsel dalam pembangunan di HST, terutama pemulihan pascabanjir.

Sebagaimana diketahui, pada awal Maret 2021, 11 dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel dilanda banjir besar, yang menyebabkan ratusan rumah dan fasilitas umum hancur.

Wilayah Kabupaten HST menjadi daerah yang paling parah terkena dampak banjir, ratusan warga kehilangan tempat tinggal.

Kini pemerintah, perguruan tinggi, perusahaan swasta dan masyarakat, terus berupaya membantu pemulihan pembangunan daerah tersebut.

Warga yang kehilangan tempat tinggi, juga telah dibangunkan tempat hunian sementara (huntara).

Baca juga: BNPB verifikasi data perbaikan rumah rusak akibat banjir di Kalsel
Baca juga: Wamen LHK pastikan penanganan setelah banjir di Kalsel terintegrasi
Baca juga: Kepada Gubernur-Bupati, Presiden: Banjir jangan terulang di Kalsel

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2021