Jakarta (ANTARA) - Caitlyn Jenner ingin terjun ke dunia politik di Amerika Serikat dengan mencalonkan diri untuk menjadi Gubernur California.

Pencalonan dirinya itu diumumkan lewat media sosial twitternya @Caitlyn_Jenner.

"California telah menjadi rumah saya selama 50 tahun. Saya mencalonkan diri terlepas dari latar banyak orang di sini, dapat mengubah mimpi mereka menjadi kenyataan. Tapi dalam satu dekade terakhir, kita telah melihat aturan yang berasal dari satu partai dan akhirnya menggeser kepentingan publik dengan kepentingan partai. Pengorbanan itu dibutuhkan pemimpin yang jujur dan memiliki visi jelas," kata Caitlyn dalam keterangannya melansir Variety, Sabtu.

Pencalonannya itu terkait adanya pemilihan ulang untuk posisi Gubernur yang sebelumnya diisi oleh politikus Gavin Newsom.

Baca juga: Kim Kardashian masuki bisnis perawatan kulit

Meski belum ada keputusan resmi, tapi rupanya sudah ada dukungan publik untuk menggeser Gavin Newsom dari posisi Gubernur California.

Caitlyn menyebutkan masa kepemimpinan Gavin sebagai masa yang kacau, ia pun berjanji akan membereskan masalah yang telah dibuat oleh Gavin jika terpilih menjadi Gubernur California.

"Sebagai warga California kita tengah berada di posisi untuk mengubah kota ini sekarang atau tidak sebelum terlambat," kata artis yang sebelumnya bernama Bruce Jenner itu.

Sebagai anggota Republikan, Caitlyn telah mempekerjakan Tony Fabrizio yang pada 2016 dan 2020 bertanggung jawab dalam kampanye Donald Trump.

Selain itu ada juga Brad Parscale yang didapuk untuk mengurus seluruh keperluan kampanye.

"California membutuhkan pemimpin yang lebih baik. Untuk masa yang panjang, karir para politikus itu terlalu menjanjikan dan tidak menyentuh masyarakat." Kata Caitlyn.

Ia pun mengkritik kebijakan COVID-19 di California yang dianggapnya memberatkan khususnya dari pembayaran pajak padahal banyak yabg mengalami PHK.

"Usaha kecil telah menderita karena pembatasan yang berlebihab. Satu tahun sudah sebuah generasi kehilangan hak pendidikan. Pajak terlalu tinggi, membunuh para pekerja yang bertahan untuk keluarganya di tengah pandemi," kata orang tua dari Kylie dan Kendall Jenner itu.

Ia pun mengatakan California yang saat ini ada bujanlah gambaran dari California yang sesungguhnya, ini California milik Gavin.

Oleh karena itu, Caitlyn ini maju dan menjadi pemimpin untuk kota yang sudah menjadi kampung halamannya selama lebih dari setengah abad itu.

Ia pun menyebutkan akan mulai melakukan kampanye kepada warga California mulai minggu depan.

Baca juga: Caitlyn Jenner unggah video di Jakarta bersama tunangannya

Baca juga: Caitlyn Jenner ingin peran antagonis dalam Marvel

Baca juga: Caitlyn Jenner “terkejut dan kecewa” mendengar kabar kehamilan Kylie

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021