Pariaman (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung pengembangan desa wisata yang dikembangkan oleh pemerintah setempat di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

"Kami dukung pengembangan Desa Tungkal Selatan, agrowisatanya keren panoramanya mengagumkan," kata Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Jumat.

Ia mengatakan dirinya sudah mengelilingi Sumbar selama tiga hari yang menurutnya memiliki potensi wisata yang besar. Salah satu daerah yang memiliki potensi tersebut yaitu Kota Pariaman.

Baca juga: Rendang Payakumbuh akan ambil bagian di Indonesia Spice Of The World

Ia menyebutkan Kota Pariaman tidak saja memiliki wisata olahraga namun juga desa wisata dan pihaknya pun siap mendukung pengembangannya.

Ia menyampaikan pengembangan pariwisata bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang dalam setahun terakhir terdampak pandemi COVID-19.

"Saya janji bersama pak wali dan pak wagub untuk menggerakkan perekonomian. Tapi saya berpesan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," katanya.

Pada kesempatan tersebut Menparekraf menjajal wahana wisata di Desa Tungkal Selatan yaitu sepeda gantung dan wahana foto berupa replika balon udara.

Baca juga: Menparekraf titip pengembangan dua destinasi wisata ke Gubernur Sumbar

Sementara Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan pihaknya meminta bantuan pembangunan sarana wisata baik dalam bidang pentas seni maupun sarana di wisata olahraga.

"Pentas seni dibantu oleh pemerintah pusat namun masih ada yang perlu dibantu oleh Menparekraf," kata dia.

Ia menyampaikan pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan sejumlah kegiatan wisata yang butuh dukungan dari pemerintah pusat yaitu di antaranya Triathlon dan Hoyak Tabuik.

"Nanti kegiatannya kami utamakan lebih pada virtual, penonton dapat menontonnya dari rumah," tambahnya.***1***

Baca juga: Menparekraf: Kenduren UMKM dorong kebangkitan ekonomi saat pandemi
Baca juga: Menparekraf: Biro perjalanan dapat dana hibah pariwisata tahun ini
Baca juga: Sandiaga ajak masyarakat belanja brand lokal

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021