Jakarta (ANTARA) - Borneo FC berencana menggelar pemusatan latihan (training centre-TC) di Pulau Jawa setelah pemain libur Lebaran sebagai program jangka panjang yang sudah disusun jajaran pelatih menjelang berlaga dalam kompetisi Liga 1 yang akan digulirkan Juli mendatang.

"Rencananya kami akan melakukan TC saat kembali memulai latihan setelah libur Lebaran nanti. Itu sudah menjadi program pelatih dan apa yang mereka inginkan, Insya Allah akan kami turuti demi prestasi tim," kata Manajer Tim Borneo FC Farid Abubakar dalam laman resmi klub, Jumat.

Setelah tersingkir dari Piala Menpora, tim pelatih Pesut Etam langsung menyusun agenda latihan awal Ramadan ketika tim-tim lain justru banyak yang melliburkan pemainnya pada pekan pertama puasa.

Menurut Farid, tim pelatih memang sudah merancang beberapa program latihan sebelum berlaga di Liga 1, salah satunya melaksanakan TC di luar Samarinda.

Baca juga: Sultan Samma bagi waktu pekerjaan dengan latihan saat Ramadhan

Alasan yang disampaikan tim pelatih untuk menggelar TC di luar Samarinda, diakuinya sangat wajar karena untuk mengusir rasa bosan, selain juga tim pelatih dan pemain membutuhkan lawan uji coba di sela latihan rutin.

Uji coba dibutuhkan untuk melihat sampai sejauh mana kemajuan pemain dalam melahap menu latihan.

"Alasan utama pelatih adalah mencari calon lawan untuk uji coba. Kita semua tahu di Samarinda atau Kaltim tidak banyak pilihan. Makanya pelatih memilih untuk TC di luar," terangnya.

Saat ditanyakan daerah mana yang akan dijadikan tempat pemusatan latihan, Farid mengaku belum bisa memastikannya.

"Di mana tempatnya kami masih dalam tahap pemilihan, yang pasti di Pulau Jawa. Nah Jawa-nya dimana, itu yang masih kami cari tempat tepatnya," kata Farid.

Baca juga: Borneo FC diam-diam datangkan Paulo Sitanggang

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021