Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian menyebutkan Pasar Mitra Tani (PMT) menjual cabai rawit merah mencapai Rp45.000 atau lebih rendah 23,5 persen dari rata-rata harga pasaran di Ibu Kota per Kamis mencapai Rp58.862 per kilogram berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta.

Sub Koordinator Kelompok Jaringan Distribusi Pangan Kementerian Pertanian Yudhy Harsatriadi Sandyatma di PMT Pasar Minggu, Kamis, menjelaskan harga yang lebih rendah itu karena cabai rawit langsung dipasok dari kelompok tani.

Menurut dia, harga per kilogram cabai rawit merah tersebut merupakan harga terbaru setelah sebelumnya dijual Rp32.000 per kilogram dalam Gelar Pasar Murah (GPM) yang diadakan sejak 31 Maret 2021 dan sudah berakhir per 18 April 2021.

Ia menuturkan berakhirnya GPM itu karena harga di pasaran kini semakin turun seiring panen yang melimpah.

Sebelum diadakan GPM, harga cabai rawit merah di Jakarta pada awal Maret 2021 sempat melonjak tajam hingga menyentuh kisaran Rp140.000 per kilogram.

Baca juga: Kementan bakal gratiskan ongkir Rp35 ribu belanja di PMT Pasar Minggu

Kenaikan harga itu, lanjut dia, diperkirakan karena sebelumnya sejumlah daerah di Tanah Air dilanda cuaca buruk sehingga mempengaruhi kualitas produksi.

Sementara itu, selain harga cabai rawit merah yang masih lebih rendah dari pasaran, sejumlah kebutuhan pokok di PMT Pasar Minggu juga masih terbilang lebih rendah dari rata-rata pasaran memasuki bulan puasa.

Harga daging sapi semur, misalnya, dijual Rp75.000 per kilogram dibandingkan harga rata-rata pasaran di DKI Jakarta berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta (IPJ) mencapai Rp127.034 per kilogram.

Namun, daging sapi yang dijual di PMT Pasar Minggu itu dijual dalam kondisi beku.

Pasokan daging beku itu dipasok langsung dari distributor sehingga harganya bisa ditekan Rp52.034 atau mendekati 41 persen dibandingkan harga rata-rata pasaran.

Selain itu, harga daging ayam broiler beku yang dijual distributor mencapai Rp34.000 per kilogram. Rata-rata di pasaran untuk harga daging ayam broiler/ras sesuai data IPJ mencapai Rp40.241 per ekor.

Baca juga: Harga cabai di Pasar Perniagaan Jakarta Barat mulai turun

Sementara itu, harga bawang merah di PMT Pasar Minggu mencapai Rp25.000 per kilogram atau lebih rendah 46,2 persen dibandingkan rata-rata harga pasaran sesuai IPJ mencapai Rp46.482 per kilogram.

Bawang putih mencapai Rp20.000 per kilogram atau lebih rendah 33,8 persen dibandingkan rata-rata harga pasaran mencapai Rp30.241 per kilogram.

Selain itu, harga sembako lain juga lebih rendah dari pasaran di antaranya gula pasir dijual Rp12.000 per kilogram, minyak goreng per kemasan mencapai Rp11.500 dan telur ayam ras Rp23.500 per kilogram.

Sebagai informasi, lanjut dia, di setiap kota di DKI Jakarta, terdapat satu PMT misalnya di Jakarta Selatan di Pasar Minggu, Jakarta Pusat di Rawasari, Jakarta Barat di Cengkareng, Jakarta Timur di Klender dan di Jakarta Utara di Koja.

Selain itu, juga ada di Bogor yakni di Jalan Tentara Pelajar, Cimanggu dan di TMT Taman Kencana di Jalan Salak 22, Bogor.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021