Jakarta (ANTARA) - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menggandeng ojek daring (online) dengan promo gratis ongkos kirim (ongkir) Rp35.000 untuk berbelanja daring di Pasar Mitra Tani Pasar Minggu, Jakarta Selatan, selama periode 17 April-11 Mei 2021.

“Maksimal gratis ongkir Rp35.000 per orang per hari,” kata Sub Koordinator Kelompok Jaringan Distribusi Pangan, Badan Ketahanan Pangan Kementan Yudhy Harsatriadi Sandyatma di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, saat ini kerja sama dengan ojek daring baru dilakukan dengan Grab dan rencananya juga menggandeng ojek daring lainnya yang diharapkan terealisasi dalam waktu dekat.

Belanja daring dengan promo tersebut dilaksanakan di PMT Pasar Minggu yang berlokasi di Jalan Raya Ragunan dan di PMT Bogor di Jalan Tentara Pelajar Cimanggu untuk minimal belanja Rp50.000 per orang per hari dengan kode kupon “grabmart35”.

Dia menjelaskan tujuan promo itu salah satunya memberikan kemudahan masyarakat berbelanja khususnya di saat pandemi COVID-19 dan menjelang Bulan Puasa.
“Dalam proses juga perluasan ke provinsi yang ada ojek daring itu. Kami usahakan minggu depan sudah dengan provinsi,” katanya.

Pihaknya menyosialisasikan program tersebut salah satunya melalui media sosial instagram Badan Ketahanan Pangan.

Baca juga: Ada kenaikan harga bahan pokok di DKI Jakarta pada Ramadhan ini
Baca juga: Jaminan Ramadhan berkah di tengah COVID-19 dengan stok pangan melimpah


Meski begitu, beberapa konsumen yang berbelanja di PMT Pasar Minggu masih banyak yang belum mengetahuinya.

“Biasanya saya belanja tiga hari sekali ke pasar, biar tidak sering-sering keluar rumah, kan masih pandemi. Kalau ada promo begitu, lumayan juga nanti dicoba,” kata seorang konsumen PMT Pasar Minggu, Solihah.

Di sisi lain, meski ada promo tersebut beberapa warga masih memilih belanja langsung di pasar karena ingin melihat langsung kondisi barang belanjaannya khususnya untuk daging dan sayuran.

“Bagus sih dicoba buat yang sembako tidak basah ya misalnya beras atau minyak goreng, kalau sayuran, saya beli langsung saja,” kata seorang pengunjung, Srianti.

​​​​Sebagai informasi, PMT Pasar Minggu buka mulai pukul 09.00-14.00 WIB setiap Senin-Jumat dan pukul 08.00-14.00 WIB Sabtu-Minggu.

Di pasar modern itu terdapat sekitar 35 lapak pedagang termasuk mitra tani dari pedagang hingga distributor langsung.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021