Menparekraf titip pengembangan dua destinasi wisata ke Gubernur Sumbar

Menparekraf titip pengembangan dua destinasi wisata ke Gubernur Sumbar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno disambut Gubernur Sumbar Mahyeldi di Sumbar. ANTARA/Dokumentasi Humas Sumbar

Padang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menitip pengembangan dua destinasi unggulan yakni Geopark Silokek, Sijunjung, dan Kota Lama Sawahlunto kepada Gubernur Sumatera Barat.

"Geopark Silokek kemungkinan adalah yang terpanjang di dunia. Mirip Geopark San Andreas Fault (patahan San Andreas) yang terkenal di Kalifornia, AS, namun lebih panjang. Ini adalah potensi," katanya saat berkunjung ke Sumbar, Rabu.

Selain itu, destinasi kota lama pertambangan batu bara Ombilin Sawahlunto juga menjadi salah satu perhatian karena nilai warisan budaya dunia (heritage).

"Harapan saya, ini mampu membangkitkan semangat kita membuka peluang kunjungan wisata tentunya dalam bingkai disiplin protokol kesehatan agar aman tidak terkonfirmasi penyebaran wabah COVID-19," katanya.

Baca juga: Sandiaga: Bangga guys, Indonesia ke-3 dunia ekonomi kreatif ke PDB

Kunjungan Sandiaga ke Sumbar merupakan gerak cepat dari hasil rapat koordinasi dengan beberapa bupati dan wali kota di Sumbar beberapa waktu sebelumnya.

Sumbar dinilai memiliki potensi yang komplit, tidak saja keindahan alam, tetapi juga geologis, peninggalan sejarah serta seni budaya, sehingga tepat untuk pengembangan pariwisata yang memadukan nature and culture berbasiskan budaya dan keindahan alam.

Ke depan, katanya, wisata akan berbasis peningkatan kualitas bukan lagi kuantitas sekaligus mempertimbangkan aspek CHSE atau cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan).

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan selama ini Sumbar sudah banyak mendapat penghargaan bidang pariwisata baik untuk kuliner, hotel, juga restoran.

"Kita pada dasarnya sudah memenuhi syarat yang disampaikan oleh Pak Menteri dan tadi bagaimana kepatuhan disiplin protokol kesehatan menjadi sesuatu yang penting," katanya.

"Kita upayakan semaksimal mungkin Perda AKB berjalan untuk meminimalkan penyebaran COVID-19 agar pariwisata juga bisa berjalan," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Biro perjalanan dapat dana hibah pariwisata tahun ini
Baca juga: Sandiaga Uno yakin vaksinasi percepat pemulihan ekonomi kreatif

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021