Jakarta (ANTARA) - Apple meluncurkan alat pelacak serupa gantungan kunci AirTag pada perhelatan musim semi yang berlangsung secara virtual.

"Kami dengan senang hati memperkenalkan AirTag kepada pengguna iPhone, menambah jaringan luas Find My untuk membantu mereka melacak benda-benda penting," kata wakil direktur pemasaran global untuk iPhone, Kaiann Drance, dalam keterangan pers, dikutip Rabu.

AirTag berbentuk bulat seperti koin, satu sisi bergambar logo Apple, sisi lainnya bisa diukir dengan teks atau 31 emoji saat membeli di situs resmi Apple.

Baca juga: Apple patenkan cara kurangi salah ketik

Baca juga: iPhone 2022 pakai kamera 48MP, tak ada versi mini


Benda ini bisa ditaruh begitu saja di tas atau kantong, atau dengan casing berupa gantungan kunci agar bisa digantungkan di berbagai benda penting.

Gawai ini terbuat dari stainless steel yang sudah dilindungi dengan sertifikasi IP67, tahan air dan debu. Salah satu sisi AirTag bisa dibuka untuk memudahkan mengganti baterai, yang biasa digunakan untuk jam tangan konvensional.

AirTag memiliki speaker terintegrasi untuk suara ketika mencari benda.

AirTag ditenagai chip U1, memanfaatkan teknologi pita ultra lebar untuk menentukan lokasi dalam jarak tertentu.

Pengguna bisa menyetel dan memberi nama AirTag sesuai dengan benda yang ingin disambungkan ke gawai ini. Benda-benda yang bisa diberikan AirTag disarankan yang tidak memiliki sambungan internet, seperti tas, kunci mobil, untuk memudahkan melacak ketika hilang atau terselip.

Setelah disetel, AirTag akan muncul di aplikasi Find My, pengguna bisa melihat lokasi tempat AirTag berada.

Jika benda hilang dan masih berada di jangkauan Bluetooth, pengguna bisa menggunakan Find My dan membunyikan AirTag dari ponsel untuk membantu menemukan benda tersebut.

Asisten virtual Siri juga akan bisa digunakan untuk mencari AirTag.

Jika AirTag berada jauh dari pengguna, jaringan Find My akan memberikan sinyal ke perangkat Apple terdekat untuk mendeteksi sinyal dari AirTag yang hilang. Informasi keberadaan AirTag akan diteruskan ke pengguna secara anonim.

AirTag dari Apple dijual mulai harga 29 dolar, atau sekitar Rp422.000.

Baca juga: Bukan cuma iPhone, Apple akan perkenalkan produk baru

Baca juga: Apple luncurkan iMac dan iPad Pro chip M1

Baca juga: Apple akan hadirkan kembali platform media sosial Parler ke App Store

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021