Kemristek dukung perempuan Indonesia berperan lebih dalam pembangunan

Kemristek dukung perempuan Indonesia berperan lebih dalam pembangunan

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro memberikan sambutan dalam dialog interaktif virtual untuk Peringatan Hari Kartini ke-142 pada 2021 yang bertemakan Semangat Kartini untuk Inovasi Indonesia, Jakarta, Rabu (21/04/2021). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendukung perempuan Indonesia berkarya dan berperan lebih dalam pembangunan bangsa Indonesia.

"Kami akan selalu berusaha mendukung setiap perempuan hebat Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas diri sehingga menjadi lebih mandiri, berperan lebih besar dalam pembangunan bangsa," kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro dalam dialog interaktif hybrid untuk Peringatan Hari Kartini yang bertemakan Semangat Kartini untuk Inovasi Indonesia, Jakarta, Rabu.

Selain itu, menjadi generasi penerus yang berkualitas secara ilmu pengetahuan dan memiliki akhlak mulia untuk mencetak generasi penerus bangsa yang siap bersaing secara kompetitif di era global ini, kata Bambang PS Brodjonegoro pada peringatan hari Kartini 21 April yang ke-142.

Kepala BRIN Bambang mengaku bangga terhadap pencapaian-pencapaian perempuan hebat Indonesia khususnya di dunia riset dan inovasi. Bahkan banyak capaian yang ditorehkan para perempuan bisa melampaui para laki-laki.

"Waktu 24 jam per hari yang dimiliki dalam satu hari tentunya sama antara laki-laki dan perempuan tetapi dengan kepiawaiannya mengelola waktu dan melakukan tugas ganda, para perempuan banyak yang berhasil bahkan melampaui apa yang telah dicapai oleh para laki-laki.," tutur Menristek Bambang.

Baca juga: Puan: Perempuan berperan penting tingkatkan budaya literasi

Baca juga: Spirit Kartini untuk kemandirian ekonomi perempuan masa kini


Menristek Bambang mengapresiasi dan mengagumi kepiawaian perempuan dalam mengelola waktu dan melakukan tugas ganda seperti di keluarga dan di bidang profesi/pekerjaan.

"Saya sangat memahami bahwa tidak mudah untuk menjadi perempuan yang mempunyai banyak peran sebagai istri, sebagai ibu, dan memiliki karir atau sesuai profesinya di dunia kerja," tuturnya.

Menristek Bambang mengatakan dari sosok RA Kartini, dapat belajar bahwa di usia yang tidak panjang, dia mampu meletakkan pondasi yang kuat bagi perempuan Indonesia untuk terus memperbaiki kualitas diri dan memberikan yang terbaik bagi negeri.

Oleh karenanya, Menristek Bambang mengajak perempuan hebat Indonesia menciptakan warisan bagi masa depan bangsa.

"Untuk itu, saya mengundang para perempuan hebat Indonesia agar menciptakan 'legacy' (warisan) bagi masa depan Indonesia dan bagi generasi mendatang," tuturnya.

Dia berharap seluruh perempuan Indonesia tetap menjadi yang terbaik serta memberikan yang terbaik dalam memajukan Indonesia tanpa melupakan jati diri. "Kami para laki-laki akan selalu siap mendukung dan bersinergi bersama," ujarnya.

Baca juga: Kominfo ajak perempuan kembangkan inovasi digital

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Srikandi BUMN dorong kepemimpinan perempuan
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021