Anggota DPR dorong pemerintah segera menyambungkan Tol Trans Jawa

Anggota DPR dorong pemerintah segera menyambungkan Tol Trans Jawa

Dokumentasi - Foto aerial kendaraan melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/12/2019). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Sumail Abullah mendorong agar pemerintah segera menyambungkan jalan tol Trans Jawa dalam rangka mendukung sistem logistik nasional.

“Sejauh ini (pembangunan tol) masih berjalan dengan bagus, tidak ada kendala-kendala berarti. Tinggal meneruskan dari Besuki menuju ke Banyuwangi,” kata Sumail dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Legislator itu memberi respons positif terhadap pembangunan proyek Tol Trans Jawa seperti pada proyek tol Surabaya - Probolinggo – Malang di Jawa Timur.

Ia melihat proses pembangunan dari proyek tol tersebut sejauh ini berjalan dengan baik. Proyek tol tersebut sejatinya ditujukan untuk mendukung sistem logistik nasional guna memudahkan masyarakat dalam beraktivitas dari point to point.

Dalam rangka mendukung kelancaran logistik, baik arus orang maupun barang, anggota DPR RI itu pun mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar sesegera mungkin menyambungkan Tol Trans Jawa.

"Tentu ini menjadi perhatian kita, karena saya mendengar baru sampai Probolinggo – Besuki. Kita ingin melihat kelanjutan tol itu sampai ke Banyuwangi, karena ini sangat penting bagi perkembangan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Sumail.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa guna mendukung terciptanya kualitas standar dari proyek tol yang saat ini tengah digarap pemerintah, maka Komisi V DPR pun berkomitmen untuk mengupayakan realisasi anggaran.

"Tentu (Komisi V DPR mengupayakan realisasi anggaran pembebasan lahan tol), karena ini menjadi program nasional yang prioritas. Agar Trans Jawa itu bisa segera tersambung, kita akan upayakan segera kekurangan-kekurangan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol,” katanya.

Baca juga: Waskita lepas 20 persen saham Tol Semarang-Batang, raup Rp1,5 triliun

Baca juga: Tarif Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang naik mulai 17 Januari
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021