Protes anti Liga Super Eropa warnai laga Leeds vs Liverpool

Protes anti Liga Super Eropa warnai laga Leeds vs Liverpool

Sebuah spanduk pesan penolakan Liga Super Eropa bertuliskan #SayNoToSuperLeague diterbangkan di atas Stadion Elland Road jelang pertandingan Liga Inggris antara Leeds United melawan Liverpool, salah satu tim inisiator Liga Super Eropa, pada Senin (19/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Brunskill)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai aksi protes yang bersikap anti Liga Super Eropa mewarnai laga pekan ke-32 Liga Inggris antara Leeds United melawan Liverpool di Stadion Elland Road, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Sebuah pesawat terbang yang membawa spanduk bertuliskan #SayNoToSuperLeague sudah terbang di atas Elland Road beberapa jam sebelum sepak mula.

Lantas, kedatangan bus yang berisikan para pemain dan staf Liverpool disambut oleh gabungan suporter Liverpool dan Leeds yang melancarkan aksi protes.

Di tribun Elland Road, Leeds memasang sebuah spanduk anti-Liga Super bertuliskan "UEFA CHAMPIONS LEAGUE: EARN IT. FOOTBALL IS FOR THE FANS".

Tulisan yang sama juga bersemat pada kaus yang dipakai para pemain Leeds saat menjalani pemanasan jelang sepak mula.

Lantas sekira 15 menit pertandingan berjalan, di luar Elland Road terdengar suara trombone yang memainkan lagu "Money, Money, Money" milik ABBA.

Baca juga: UEFA ancam larangan kompetisi klub yang terlibat European Super League
Baca juga: PM Inggris dan Presiden Prancis menentang Liga Super Eropa


Liverpool merupakan satu dari enam tim Inggris yang menjadi bagian dari 12 klub inisiator Liga Super Eropa, sebuah kompetisi tengah pekan tandingan dari Liga Champions besutan UEFA.

Pada Senin pagi WIB, Liverpool mengumumkan secara resmi keikutsertaan mereka dalam Liga Super Eropa.

Sementara itu, manajer Liverpool, Juergen Klopp, yang sejak 2019 sudah menempatkan diri pada posisi kontra terhadap wacana Liga Super Eropa, menegaskan pendiriannya tidak berubah, namun mengaku belum mendapat informasi lebih jauh dari manajemen terkait keikutsertaan timnya.

"Tidak berubah, perasaan saya tidak berubah, pendapat saya tidak berubah. Tentu saja saya baru mendengar soal ini kemarin dan saya disibukkan dengan persiapan laga sulit melawan Leeds," katanya kepada Sky Sports dalam wawancara jelang sepak mula.

"Tak banyak informasi yang saya tahu soal ini, kecuali dari apa yang saya baca di surat kabar dan media. Ini pukulan berat. Wajar banyak orang marah. Tapi saya tidak bisa mengatakan apapun lebih dari ini, kami tidak terlibat dalam prosesnya, saya tidak, pemain tidak, dan sekarang ini pernyataan sudah keluar kita lihat bagaiamana keadaan akan berkembang," ujar Klopp panjang lebar.

Baca juga: Saham MU dan Juventus melonjak setelah rencana Liga Super Eropa
Baca juga: Gabung Liga Super Eropa, MU dan Arsenal tinggalkan Asosiasi Klub Eropa
Baca juga: Sir Alex Ferguson angkat bicara soal Liga Super Eropa
Baca juga: PM Italia dukung UEFA tindak tegas klub yang terlibat Liga SuperEropa
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021