Gabung Liga Super Eropa, MU dan Arsenal tinggalkan Asosiasi Klub Eropa

Gabung Liga Super Eropa, MU dan Arsenal tinggalkan Asosiasi Klub Eropa

Ilustrasi - Pemain Arsenal Willian berebut bola dengan pemain Manchester United Freed dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Inggris, Minggu (31/1/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Andy Rain/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Manchester United (MU) dan Arsenal mengundurkan diri dari Asosiasi Klub Eropa (ECA) dan wakil eksekutif United, Ed Woodward meninggalkan jabatannya di UEFA setelah rencana Liga Super Eropa (ESL) diumumkan.

Sebuah pernyataan yang dirilis pada Minggu malam mengonfirmasi bahwa 12 klub, termasuk United dan Arsenal, telah setuju untuk membentuk liga sendiri yang akan dijalankan oleh klub-klub pendiri.

Menurut laporan Goal, Senin, bergabungnya dua klub Inggris itu ke Liga Super Eropa berarti mereka telah mengundurkan diri dari ECA.

Baca juga: Saham MU dan Juventus melonjak setelah rencana Liga Super Eropa
Baca juga: Juventus tidak bisa pastikan proyek Liga Super Eropa dimulai


Wakil eksekutif United tersebut tidak lagi memegang peran di UEFA dan CEO Arsenal Vinai Venkatesham telah mengundurkan diri dari posisinya di dewan ECA dalam sebuah langkah yang menandakan niat klub untuk memajukan rencana kontroversial ini.

Wakil ketua eksekutif tersebut diangkat ke Dewan Strategi Sepak Bola Profesional UEFA sebagai perwakilan ECA pada September 2017. Perannya adalah memberi nasihat dan membantu dalam struktur badan pengatur sepak bola Eropa.

Namun, dengan bergabungnya United ke ESL maka Woodward tidak akan lagi menempati peran itu di UEFA. Sedangkan Venkatesham baru terpilih menjadi dewan ECA dua bulan lalu.

United juga mengonfirmasi bahwa salah satu pemilik klubnya, Joel Glazer akan menjadi wakil ketua Liga Super Eropa.

Baca juga: PM Inggris dan Presiden Prancis menentang Liga Super Eropa

Keterlibatan kedua klub tersebut di ESL juga membuat mereka tidak lagi menjadi bagian dari ECA, yaitu badan profesional yang mewakili kepentingan klub-klub di kompetisi UEFA.

Langkah ini adalah pernyataan niat lain bahwa 12 klub pendiri ini ingin mendorong liga baru mereka.

Dua belas klub sepak bola terkemuka Eropa hari ini resmi mengumumkan bahwa mereka setuju untuk membentuk sebuah kompetisi baru, yang akan dijalankan oleh klub-klub pendiri.

AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Man City, Man Utd, Real Madrid dan Tottenham Hotspur telah bergabung sebagai klub pendiri. Diperkirakan tiga klub lainnya akan bergabung sebelum musim perdana kompetisi itu dimulai, yang akan digelar secepat mungkin.

Baca juga: UEFA ancam larangan kompetisi klub yang terlibat European Super League
Baca juga: Maaf klub elite Eropa, FIFA tak tertarik Liga Super Eropa
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021