MU libas Burnley, pelihara peluang kecil jadi juara

MU libas Burnley, pelihara peluang kecil jadi juara

Penyerang Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Burnley dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (18/4/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Gareth Copley)

Jakarta (ANTARA) - Manchester United memelihara peluang kecil menjadi juara Liga Inggris musim ini setelah melibas Burnley 3-1 dalam laga pekan ke-32 di Stadion Old Trafford, Minggu.

Mason Greenwood mengemas dua gol yang sempat dibalas Burnley oleh James Tarkowski, sebelum Edinson Cavani melengkapi kemenangan MU di pengujung laga.

Kemenangan itu membuat MU yang berada di posisi kedua mengoleksi 66 poin, atau memangkas jarak jadi delapan poin dari pemuncak klasemen Manchester City.

Sedangkan Burnley (33), yang menelan tiga kekalahan beruntun, tertahan di urutan ke-17 masih dengan jarak aman enam poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Paul Pogba rindu angkat trofi lagi di Manchester United

Tim tamu sebetulnya mengawali pertandingan dengan sangat baik ketika Chris Wood mendahului kiper Dean Henderson untuk menanduk umpan jauh Matthew Lowton ke gawang MU dari situasi sepak mula.

Namun, selebrasi Burnley tak bertahan lama sebab hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside dan belakangan VAR mengkonfirmasi penganuliran gol itu.

Sejak itu MU lebih mendominasi permainan tetapi tak kunjung mampu mencetak gol hingga babak pertama berakhir dalam keadaan imbang 0-0.

Tiga menit memasuki babak kedua, peruntungan MU segera berubah ketika umpan kiriman Marcus Rashford dibiarkan berlalu oleh Bruno Fernandes dan Greenwood berada di posisi tepat untuk menyelesaikannya dan memperdaya kiper Bailey Peacock-Farrell.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab pada menit ke-50 Tarkowski mampu menyamakan kedudukan bagi Burnley setelah ia berhasil mengalahkan Harry Maguire dan Paul Pogba untuk menanduk umpan sepak pojok Ashley Westwood.

Baca juga: Paul Pogba: Bruno Fernandes bisa melakukan segalanya, kecuali bertahan
Baca juga: Lanjut semifinal Liga Europa, Ole ingin MU tutup musim dengan trofi


Kedudukan imbang bertahan cukup lama sebelum MU mampu merestorasi keunggulan mereka enam menit jelang bubaran waktu normal lewat tembakan Greenwood yang arahnya berbelok mengecoh Peacock-Farrell lantaran upaya hadangan Charlie Taylor.

Unggul 2-1 tak membuat MU puas, mereka memperoleh dua peluang bagus lagi dari Scott McTominay yang bisa dimentahkan Peacock-Farrell dan sepakan Fernandes yang disapu oleh Tarkowski sebelum melewati garis gawang.

Pada menit ketiga injury time, Cavani akhirnya melengkapi MU jadi 3-1 lewat sontekan jarak dekatnya memanfaatkan umpan tarik dari Donny van de Beek.

Di pertandingan selanjutnya kedua tim akan bermain pada Minggu (25/4) pekan depan, saat MU bertandang ke Elland Road menghadapi Wolverhampton dan Burnley menyambangi markas Wolverhampton.

Baca juga: Gol larut Nketiah selamatkan Arsenal dari kekalahan lawan Fulham
Baca juga: Wolves kirim Sheffield United degradasi ke divisi kedua
Baca juga: Norwich kunci tiket promosi berkat hasil tim-tim pesaing
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021