Jakarta (ANTARA) - Terdapat informasi menarik dan penting di bidang ekonomi yang terjadi sepekan ini mulai dari rilis Badan Pusat Statistik yang menyebutkan neraca perdagangan RI surplus 1,57 miliar dolar AS hingga RI akan jadi lumbung pangan dunia.

Berikut pilihan lima berita ekonomi pekan ini yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik.


BPS: Neraca perdagangan RI surplus 1,57 miliar dolar AS pada Maret 2021

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto memaparkan neraca perdagangan RI mengalami surplus 1,57 miliar dolar AS pada Maret 2021 dengan total nilai ekspor 18,35 miliar dolar AS dan impor 16,79 miliar dolar AS. Jika dilihat berdasarkan sektor dan penggunaan barang, performa ekspor dan impor RI pada Maret 2021 meningkat 30,47 persen dan impor naik 25,73 persen.

Baca informasi lengkapnya di sini.


Presiden Jokowi ajak Jerman wujudkan transformasi digital

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemerintah sedang mempersiapkan peta jalan (road map) untuk mengimplementasikan Making Indonesia 4.0. dalam pembukaan pameran teknologi industri Hannover Messe 2021. Presiden Jokowi mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

Baca informasi lengkapnya di sini.


PLN: Stimulus diskon listrik tetap diberikan April-Juni 2021

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menegaskan akan tetap memberikan stimulus listrik seperti diskon pada periode April hingga Juni 2021, sebagai wujud perlindungan sosial pemerintah kepada masyarakat di tengah pandemi. Untuk pelanggan UMKM dan rumah tangga selama periode April hingga Desember 2020, pemerintah sudah mengalokasikan sebanyak Rp13 triliun.

Baca informasi lengkapnya di sini.


BI: Utang luar negeri RI tumbuh 4 persen pada Februari 2021

Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri Indonesia sebesar 422,6 miliar dolar AS atau tumbuh 4 persen (yoy) pada Februari 2021, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya 2,7 persen. Utang luar negeri pemerintah tumbuh 4,6 persen dibandingkan pertumbuhan pada Januari 2021 sebesar 2,8 persen seiring dengan upaya penanganan dampak pandemi COVID-19 sejak 2020 dan akselerasi program vaksinasi serta perlindungan sosial pada triwulan I-2021.

Baca berita lengkapnya di sini.


Menteri BUMN: Kita akan jadikan Indonesia lumbung pangan dunia

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah melalui program Indonesia Tumbuh akan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia baik dari sektor perikanan maupun perkebunan. Erick mengatakan bahwa Indonesia akan membuat one stop service quarantine industri perikanan di Indonesia timur yang akan bisa langsung mengekspor hasil laut ke negara internasional.

Baca berita lengkapnya di sini.


Baca juga: Mendag: Neraca perdagangan Maret indikasikan pertumbuhan ekonomi sehat
Baca juga: KSP: Surplus neraca dagang momentum keluar dari krisis
Baca juga: Luhut sebut lumbung pangan Kalteng beri banyak manfaat

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021