Bersahurlah lebih akhir, saat mendekati imsak atau fajar
Depok (ANTARA) - Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Depok, May Haryanti berbagi kiat memilih menu sehat saat berpuasa, agar saat berpuasa tetap dapat menjalankan aktivitas dengan optimal.

"Mulai dengan berniat puasa, karena niat puasa dapat memprogram hormon dan sel tubuh untuk membantu proses puasa dan detoksifikasi. Meski lalai makan atau hanya minum air putih saat sahur," jelasnya.

Saat menjalankan puasa, makanan yang dikonsumsi harus sehat dan bergizi agar dapat menjalankan puasa dengan tubuh yang berstamina.

Baca juga: Menu diet sehat untuk yang berpuasa

Baca juga: Buka puasa dengan menu hotel berbintang di rumah


May menuturkan saat sahur mengonsumsi makanan berindeks glikemik rendah dan makanan lainnya yang kaya vitamin-mineral untuk menjaga vitalitas tubuh. Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah mampu bertahan lebih lama dalam saluran pencernaan, sehingga perasaan subyektif lapar makin berkurang.

Selain itu lanjut dia makanan yang indeks glikemiknya rendah melepas gula ke dalam peredaran darah secara bertahap. Makanan dengan indeks gligemik rendah antara lain singkong, ketela, kentang, nasi, nasi jagung, umbi-umbian, beras merah, bulgur dan oats.

Sedangkan makanan dengan indeks glikemik tinggi di antaranya roti, bubur dan mie instan.

"Bersahurlah lebih akhir, saat mendekati imsak atau fajar, sehingga cadangan-cadangan energinya cukup sampai berbuka. Serta minum air putih baik saat sahur maupun buka," ujarnya.

Dikatakan May, saat berbuka puasa sebaiknya tidak langsung mengonsumsi makanan berat atau nasi. Karena, memerlukan waktu pencernaan yang lama dan membebani pencernaan. Sebaiknya, berbukalah dengan makanan yang ringan dan manis, seperti kurma, buah, maupun kue.

"Hindari pula berbuka dengan minum air es apalagi minuman bersoda. Minuman yang satu ini dapat menahan lapar, sehingga asupan nutrisi kurang maksimal ketika tiba waktu makan," ujarnya.

Baca juga: Strategi memilih menu buka dan sahur agar tetap sehat selama Ramadhan

Baca juga: Syarat kalau ingin berbuka dengan takjil dingin

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021