Batik Bai Soemarlono kini hadir di Uniqlo

Batik Bai Soemarlono kini hadir di Uniqlo

Uniqlo Batik Motif 2021 Spring/Summer Collection designed by Bai Soemarlono (ANTARA/HO/Uniqlo)

Jakarta (ANTARA) - Batik Bai Soemarlono kini hadir di dalam koleksi Lifewear yakni Uniqlo Batik Motif 2021 Spring/Summer Collection designed by Bai Soemarlono, sebagai misi untuk menggeser stigma batik dari pakaian formal ke arah aksesibel dan versatile.

Bai Soemarlono adalah desainer kenamaan Indonesia yang juga merupakan co-founder dari POPULO Batik dan ohmmbybai.

Koleksi mengangkat arti inspiratif dan universal di balik setiap motif batik yang dihadirkan pada sederet kemeja pria dan blus wanita. Berbagai macam elemen pada setiap torehan motif batik merupakan simbol dari berbagai hal baik bagi kehidupan umat manusia.

"Semua motif batik dipilih dan dirancang dengan makna serta nilai semangat yang positif, karena koleksi ini juga diluncurkan dengan pandangan ke depan pasca pandemi. Selain itu, kami ingin semua motif batik pada koleksi ini dapat digunakan diberbagai aktivitas sehari-hari, seperti untuk bekerja di kantor, work from home, bahkan untuk sekedar grocery shopping di sekitar lingkungan rumah," kata Bai Soemarlono dalam siaran pers, Kamis.

Baca juga: Uniqlo +J Spring/Summer 2021, untuk penyuka minimalis & monokrom

Enam kemeja pria dalam nuansa warna earthy, menampilkan beragam jenis batik dengan arti masing-masing yang bernuansa optimistis seperti salah satunya motif Tales atau Taro, yaitu motif batik berbentuk tanaman bernutrisi dengan daun lebar yang menyerupai bentuk hati dan mengartikan hope, renewal, dan revival, yang juga adalah simbol dari cinta.

Terdapat juga motif Swastika yang dalam bahasa Sansekerta berartikan kesejahteraan yang kondusif dan oleh Hinduisme, disimbolkan sebagai kemakmuran, keberuntungan yang baik, keilahian, dan spiritualitas.

Diikuti kehadiran dari motif Parang, motif Kubus, motif Sisik Ikan, dan motif Bunga Lotus, dengan berbagai macam pesan yang kaya akan kebijaksanaan. Keseluruhan motif yang dirangkai dalam ukuran mikro, menjadi pangkal dari pesona three-dimensional yang utuh dan menyerukan sebuah gaya yang baru dalam berbatik.

Pada lini wanita, Bai Soemarlono mendedikasikan motif batik Kawung bagi tiga blus berpotongan longgar dengan bentuk tangan bervolume, serta penggunaan tiga variasi warna; oranye, biru, dan krem. Motif Kawung melambangkan alam semesta dan digunakan sebagai pola milik raja yang kemudian dijadikan kiasan dari keadilan dan kebijaksanaan di balik makna dari kekuasaan.

Opsi blus elegan dari Uniqlo Batik Motif 2021 Spring/Summer Collection designed by Bai Soemarlono memiliki keseimbangan antara impresi feminin dan simplicity dari pemilihan fabrikasi katun yang dibuat dalam siluet kaku beraksen drape, yang penuh penekanan gaya yang fashion forward dalam dosis yang tidak berlebihan sehingga terlihat brilian.

Koleksi batik motif pria dan wanita ini telah tersedia di toko Uniqlo sejak 12 April lalu dan juga dihadirkan di Malaysia.

Baca juga: Uniqlo buka gerai baru di PIM 3, ada pojok UKM

Baca juga: Doraemon Hijau jadi duta keseimbangan ekologi Uniqlo

Baca juga: Hana Tajima for Uniqlo rayakan kenyamanan dan kesederhanaan
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021