Diterpa hujan deras, banjir dan pohon tumbang landa Kota Bekasi

Diterpa hujan deras, banjir dan pohon tumbang landa Kota Bekasi

Petugas BPBD Kota Bekasi membersihkan pohon yang tumbang akibat hujan deras di Jalan Wibawa Mukti 2, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021) petang. ANTARA/ Pradita Kurniawan Syah.

Bekasi, Jabar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Jawa Barat menyatakan hujan deras yang melanda daerah itu sepanjang Selasa sore  menyebabkan banjir di sejumlah titik dan juga terjadi pohon tumbang.

"Hujan deras disertai angin kencang sore tadi menyebabkan lima pohon tumbang dan juga ada lima titik banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Agus Harpa di Bekasi, Rabu malam.

Ia menjelaskan insiden pohon tumbang akibat hujan deras tersebut terjadi di Jalan Wibawa Mukti 2, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

"Iya pohon tumbang terjadi di wilayah itu, total ada lima pohon yang tumbang di sana," katanya.

Agus juga menyebutkan bahwa hujan dengan intensitas tinggi itu juga mengakibatkan lima titik di wilayah Kota Bekasi mengalami banjir.

Kelima titik banjir itu kata dia, tersebar di tiga kecamatan antara lain Kecamatan Pondokmelati, Jatiasih, dan Kecamatan Bekasi Selatan.

Di Kecamatan Pondokmelati ada tiga titik banjir yakni area Kantor Kelurahan Jatimurni dengan ketinggian muka air 40-60 sentimeter.

Genangan air juga terlihat di Kelurahan Jatimurni lainnya, tepatnya di komplek Perumahan Spring Garden dengan ketinggian 10-30 sentimeter.

"Satu titik genangan lagi di Kecamatan Pondokmelati terjadi di Puri Gading, Kelurahan Jatiwarna yang merendam permukiman warga setinggi 30 sentimeter," katanya.

Selain di Kecamatan Pondokmelati, genangan air juga merendam permukiman warga di Perumahan Dosen IKIP, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih setinggi 65 sentimeter.

Titik banjir terakhir berada di Kecamatan Bekasi Selatan, tepatnya di Jalan Mandala, Kelurahan Jakasetia dengan tinggi muka air 20-40 sentimeter.

"Seluruh petugas sudah berada di lapangan, banjir sudah mulai surut dan pohon tumbang juga sudah dibersihkan dari jalanan," demikian Agus Harpa.

Baca juga: Titik banjir terbanyak ada di Kota Bekasi

Baca juga: Angin kencang tewaskan warga Kota Bekasi

Baca juga: Lokasi banjir Bekasi bertambah menjadi 40 titik

Baca juga: Pemkot Bekasi instruksikan seluruh SKPD siaga bencana


 
Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021