Penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan disiplin dan serius baik itu terhadap para pemain kemudian tenaga pendukung dan mereka yang masuk ke dalam stadion
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menilai turnamen pramusim Piala Menpora 2021, yang kini sudah sampai babak semifinal, berjalan dengan baik dan tanpa kendala berarti.

"Dari evaluasi kami mulai dari penyisihan sampai semifinal, penyelenggaraan berjalan lancar tanpa insiden signifikan yang dapat mengganggu pertandingan," ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Menpora juga mengapresiasi penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada turnamen yang dimulai pada 21 Maret 2021 tersebut.

Baca juga: Pelatih PSM belum pastikan Wanggai turun di semifinal Piala Menpora

Menurut Zainudin, prosedur medis dilakukan dengan disiplin dan ketat sehingga Piala Menpora 2021 relatif terlindung dari penularan virus SARS-CoV-2.

"Penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan disiplin dan serius baik itu terhadap para pemain kemudian tenaga pendukung dan mereka yang masuk ke dalam stadion," kata politikus Partai Golkar itu.

Atas baiknya pelaksanakan Piala Menpora 2021, Menpora Zainudin Amali pun berterima kasih kepada penyelenggara yaitu PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta semua pihak yang terlibat termasuk klub-klub peserta, tenaga medis serta pihak TNI juga Polri.

Tidak kalah penting, Zainudin menyampaikan pujian kepada para suporter dan pencinta sepak bola yang mematuhi komitmen untuk tidak membuat kerumunan demi menekan penyebaran COVID-19 di Tanah Air.

"Saya berterima kasih dan mengapresiasi semuanya," tutur Menpora.

Baca juga: Empat tim yang lolos semifinal Piala Menpora

Zainudin Amali berharap Piala Menpora 2021 tetap berlangsung dengan positif pada babak semifinal, yang bergulir mulai 15 April 2021, sampai pertandingan final pada 25 April 2021.

"Kalau sampai akhir berjalan sukses, maka kita berharap Liga 1 dan Liga 2 bisa mendapatkan izin keramaian dari Polri dan berlangsung sukses dengan protokol kesehatan yang dijalankan serius," ujar Menpora.

Laga perdana leg pertama semifinal turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dilaksanakan pada Kamis (15/4) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dengan laga Persija Jakarta versus PSM Makassar.

Keesokan harinya, masih di tempat sama, ada laga PSS Sleman kontra Persib Bandung.

Leg kedua fase empat besar bergulir di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4) dengan pertandingan PSM melawan Persija dan Persib menghadapi PSS satu hari setelahnya.

Baca juga: Menko PMK apresiasi prokes penyelenggaraan Piala Menpora

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021