Seoul (ANTARA) - Korea Selatan telah mencatat 731 kasus baru virus corona, menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) pada  Rabu.

Korea Selatan berjuang untuk membendung jumlah infeksi dengan lebih banyak upaya pengujian dan vaksinasi.

Kasus baru berpusat di wilayah Seoul yang lebih besar dan telah menyebar ke lebih dari selusin kota dan provinsi meskipun ada aturan jarak sosial yang ketat.

Kasus terbaru pada Selasa (13/4) menjadikan total 111.419 infeksi, dengan 1.782 kematian.

Otoritas kesehatan mengatakan pada Selasa bahwa mereka akan mempertimbangkan penggunaan alat uji mandiri COVID-19 meskipun keakuratannya relatif rendah di tengah kekhawatiran potensi gelombang keempat pandemi.

Baca juga: Panel ahli Korsel: Vaksin COVID-19 J&J aman dan efektif
Baca juga: Korsel cabut kewajiban tes COVID untuk warga asing


Korea Selatan telah meluncurkan sekitar 45.000 uji reaksi berantai polimerase negatif (PCR) sehari sebelumnya.

Korea Selatan telah memberikan dosis pertama vaksin AstraZeneca Plc dan Pfizer COVID-19 ke hampir 1,24 juta orang, dan lebih dari 60.000 orang telah mengambil suntikan penguat pada  Selasa, kata data KDCA.

Tambahan 250.000 dosis vaksin Pfizer / BioNTech telah tiba pada  Rabu, menambah satu juta dosis yang telah dikirimkan lebih awal pada  Maret, untuk orang-orang yang berusia 75 tahun ke atas dan kelompok berisiko tinggi di panti jompo.

Pemerintah telah mengamankan cukup vaksin COVID-19 untuk mencakup 79 juta orang, untuk lebih dari 52 juta populasinya, termasuk yang berasal dari Novavax, Moderna, Johnson & Johnson dan skema berbagi vaksin global COVAX.

Sumber : Reuters

Baca juga: Khawatir gelombang baru, Korsel pertimbangkan alat tes COVID mandiri
Baca juga: Korsel laporkan 668 kasus baru COVID, tertinggi sejak 8 Januari

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021