Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat menjadikan bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan, melatih kesabaran, dan meningkatkan rasa kepedulian pada sesama.

“Alhamdulillah kita kembali bertemu bulan suci Ramadan, meski masih dalam suasana pandemi," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Puan Maharani peroleh gelar adat Ratu Mustika Kartadilaga

Dia mengatakan, selama setahun lebih pandemi COVID-19 mengajarkan kita semua untuk lebih sabar dan tawakal, serta lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Selain itu menurut dia, pandemi juga mengajarkan tentang pentingnya kepedulian pada sesama yang kesulitan karena terdampak pandemi COVID-19.

"Peduli sesama, bergotong royong membantu saudara-saudara kita yang terdampak pandemi," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap di bulan Ramadhan, ketakwaan dan kepedulian pada sesama dapat lebih meningkat.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Ibadah Ramadhan di zona merah COVID-19 boleh "rukhsah"

Puan mengajak masyarakat membantu seluruh korban dan keluarga korban bencana alam agar segera pulih dari luka dan kesulitan lainnya.

"Termasuk untuk para korban gempa bumi di wilayah pesisir selatan Jawa Timur. Semoga para korban dan keluarga korban diberi kekuatan, segera pulih dari luka dan duka akibat bencana," katanya.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Menurut dia, disiplin, sabar, tawakal, dan peduli sesama adalah nilai-nilai ibadah puasa.

"Mari kita tingkatkan lagi menjalankan nilai-nilai itu di Bulan Suci ini. Jadikan bulan puasa ini untuk introspeksi diri dan berdoa agar pandemi cepat teratasi," ujarnya.

Baca juga: Menteri PANRB terbitkan SE jam kerja ASN selama Ramadhan 2021

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021